Sukses

Parenting

Pendidikan Seksual Sejak Dini Kepada Anak

Moms, pendidikan seksual sejak dini merupakan hal yang sangat wajib diterima oleh si anak. Hal tersebut dikarenakan anak memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi.

Mereka belum mengetahui hal yang buruk dan yang baik bila tidak dituntun oleh orang tua atau guru. Dengan memberi penjelasan tentang pendidikan seksual kepada anak diharapkan anak dapat memahami efek negatif dari perilaku seksual secara bebas.

Peran orang tua sebagai orang terdekat anak sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan seputar seksual. Dikutip dari laman betterhealth.vic.gov.au, beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk melakukan pendidikan seksual kepada anak sebagai berikut:

1. Berkomunikasi kepada anak seputar masalah seksualitas.
Dengan begitu anak tidak akan mencari tahu sendiri informasi seputar seksual yang dapat berakibat pada ketersesatan informasi tersebut. Akan tetapi orang tua juga harus memperbanyak pengetahuan seputar seksualitas, sehingga apabila anak bertanya maka akan bisa menjawab dengan baik sesuai dengan usia mereka.

2. Orang tua perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik.
Caranya yaitu tetap santai ketika membicarakan masalah seksual serta mempertahankan kontak mata kepada anak. Dengan begitu maka Anda tidak akan mendapat kesan malu atau merasa tidak nyaman. Jika anda mendapatkan pesan malu atau tidak nyaman kepada anak maka anak akan menganggap bahwa seksual adalah sesuatu yang tabu.

Demikian sedikit saran kepada orang tua untuk memberikan pendidikan seksual kepada anak. Dengan memberikan pendidikan seksual kepada anak diharapkan anak akan bersikap dewasa menghadapi permasalahan seksual.

 

Oleh: Annisa

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading