Sukses

Parenting

Bingung Kapan Harus Menikah? Islam Menjawab

Islam memperkenalkan betapa adilnya Allah SWT. Hal ini berkaitan dengan dengan kehidupan berumah tangga, Ladies. Islam selalu memberi informasi yang di butuhkan. Tak terkecuali ketika Anda bingung kapan harus menikah.

Dalam hadis Rasul SAW, dilansir salafytobat.wordpress.com,
“Menikah adalah sunnahku. Siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, ia bukan termasuk ummatku. Menikahlah karena aku akan senang atas jumlah besar kalian di hadapan umat-umat lain. Siapa yang telah memiliki kesanggupan, menikahlah. Jika tidak, berpuasalah karena puasa itu bisa menjadi kendali” (Riwayat Ibn Majah, lihat: Kasyf al-Khafa, II/324, no. hadis: 2833).

Islam mengatur hukum-hukum ketika hendak menikah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak merugikan pihak manapun. Dilansir oleh aisasholikha.wordpress.com, berikut hukum-hukum Islam yang mengatur pernikahan:

1. Wajib. Apabila mampu jasmani maupun rohani. Bila tidak segera menikah, dikhawatirkan akan membuat zina (menggauli seseorang yang belum sah).

2. Sunnah. Apabila menginginkan momongan, tetapi masih mampu mengendalikan diri dari perbuatan zina, baik sudah berminat menikah atau belum.

3. Makruh. Belum berminat untuk memiliki momongan, juga belum pernah menikah sedangkan masih mampu untuk menahan diri dari berbuat zina.

4. Mubah. Mampu menahan gejolak nafsu dari berbuat zina, sementara belum berminat memiliki momongan.

5. Haram. Apabila menikah justru merugikan diri sendiri karena calon mempelai tidak mampu memberi nafkah lahir dan nafkah batin. Atau jika menikah malah membuat seseorang mencari mata pencaharian yang diharamkan Allah SWT, walaupun calon suami sudah berminat menikah.

Ibnu Arafah menambahkan bahwa hukum menikah itu wajib bagi wanita, apabila ia tidak mampu mencari nafkah bagi dirinya sendiri sedangkan jalan satu-satunya untuk menanggulangi adalah menikah.

 

Oleh: Afif Mukminin

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading