Sukses

Parenting

Mengapa Keputihan Saat Hamil Dapat Terjadi

Bunda, pada saat sedang hamil Anda akan mengeluarkan cairan dari miss V yang biasa disebut dengan keputihan. Keputihan saat hamil merupakan hal yang normal Bun. Tapi tetap Bunda wajib mengontrol apabila keputihan tersebut mulai terasa sangat mengganggu dan gatal.

Laman ayahbunda.co.id telah melangsir bahwa selama masa kehamilan, tubuh Bunda akan mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang terlihat yaitu keluarnya cairan miss V. Biasanya jumlah cairan miss V yang keluar saat hami lebih dari biasanya. Ternyata, ini merupakan akibat dari hormone yang diproduksi saat hamil yaitu estrogen.

Bunda, saat Anda hamil, Anda akan mengalami perubahan hormonal. Nah, seperti yang dijelaskan oleh bidanku.com, perubahan hormonal inilah yang juga menyebabkan keputihan. Aliran darah saat hamil akan meningkat ke daerah kewanitaan yang menjadi penyebab produksi cairan miss V yang berlebihan.

Pada saat Bunda sedang mengandung, cairan miss V ini sangat berguna untuk mencegah infeksi dari vagina ke rahim. Namun, jika cairan miss V ini terkontaminasi oleh bakteri, parasit, jamur, ataupun virus akan memberi dampak buruk hingga terjadinya infeksi pada miss V.

Jika Bunda mengeluarkan cairan berwarna putih kekuningan, kental, dan lengket, serta jumlahnya banyak dan menyebabkan bau yang tidak sedap disertai gatal di sekitar miss V, maka Anda harus waspada terhadap keputihan patologis, nih. Keputihan ini merupakan jenis keputihan abnormal yang dapat membahayakan kandungan Bunda. Segera pergi ke dokter untuk check-up yah Bun.

Oleh: rosy

 

(vem/ver)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Atasi Keputihan yang Wajib Kamu Ketahui