Sukses

Parenting

Faktor Apa Saja Penyebab Keputihan Saat Hamil

Bunda, keputihan saat hamil adalah hal yang normal. Selama keputihan yang Bunda alami tidak berbau dan mengganggu akibat rasa gatal yang ditimbulkan, ini adalah hal wajar. Bunda dapat mengenali faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya keputihan saat sedang mengandung.

Laman bidanku.com telah melangsir penyebab dari keputihan yang abnormal saat Bunda hamil. Penyebab utamanya adalah infeksi yang dikarenakan oleh bakteri, jamur, parasit ataupun virus. Mikroorganisme yang kerap mengakibatkan terjadinya keputihan saat hamil adalah jamus Candida sp.

Selain jamur Candida sp, parasit Trichomonas Vaginalis juga dapat menyebabkan infeksi. Parasit tersebut merupakan protozoa yang mengakibatkan cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau anyir, dan menimbulkan perih saat berhubungan dan saat berkemih.

Adapun bakteri penyebab keputihan saat hamil adalah bakteri Vaginalis yang juga menyebabkan bau busuk dan nyeri pada daerah kewanitaan. Mikroorganisme – mikroorganisme ini berkembang pesat saat Bunda mengalamai penurunan imunitas serta kelembabapan yang tinggi pada daerah kewanitaan Bunda.

Laman ayahbunda.co.id juga melangsir bahwa infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) yang menyebabkan munculnya kutil – kutil di daerah kewanitaan juga dapat menjadi penyebab keputihan. Selain itu, penularan keputihan juga dapat dikarenakan hubungan sexual yang biasanya memang sering dilakukan saat bayi mendekati kelahiran agar dapat lahir tepat waktu.

Karenanya, Bunda wajib segera berkonsultasi apabila ada tanda – tanda infeksi dengan nampaknya ketidaknormalan pada cairan keputihan Anda, ya. Penanganan yang terlambat bisa berpengaruh buruk terhadap calon buah hati Bunda.

Oleh: rosy

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading