Sukses

Parenting

Gejala Lupus pada Buah Hati Bunda

Bunda, tubuh buah hati Anda memiliki sistem kekebalan tubuh untuk dapat melawan berbagai jenis penyakit. Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh pada buah hati dapat tidak bekerja dengan baik karena reaksi berlebihan yang biasa dikenal autoimun atau lupus. Oleh sebab itu, Bunda perlu mewaspadai gejala lupus pada buah hati.

Lupus, seperti telah Bunda ketahui, adalah sistem kekebalan tubuh yang seharusnya hanya menyerang penyakit. Namun, sistem kekebalan ini justru malah menyerang sel – sel tubuh yang sehat. Laman artikelsehat.com melangsir beberapa gejala yang dirasakan akibat kelainan kekebalan tubuh ini, antara lain nyeri sendi, rasa lemas, dan nyeri pada otot. Gejala berikutnya adalah ruam kemerahan pada kulit dan kerontokan rambut pada bagian dahi.

Laman bidanku.com juga melangsir bahwa buah hati Bunda yang menderita lupus tidak terlihat sakit, tetapi mereka akan mudah terjatuh, lemah, bahkan mual. Adapun diagnosis terhadap buah hati yang menderita lupus, yaitu demam, penurunan berat badan, ruam, kehilangan nafsu makan, nyeri otot sendi, rambut rontok, sakit perut, diare, sensitive pada matahari, dan luka mulut.

Apabila buah hati Bunda mengalami gejala lupus sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anak untuk memutuskan rencana pengobatan. Selanjutnya makanan dengan kandungan nutrisi yang baik dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu buah hati bunda dalam proses penyembuhan.

Bunda, dengan obat yang tepat dan kebiasaan yang sehat, anak-anak penderita lupus bisa pergi ke sekolah, mengambil bagian dalam kegiatan, bermain olahraga, dan melakukan hal-hal dengan teman-teman mereka.

Oleh: rosy

 

 

 

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading