Sukses

Parenting

Perawatan Tepat untuk Mendukung Kerja Obat Cacar

Penyakit cacar memang umum terjadi pada sebagian besar anak. Melihat fakta tersebut Bunda diharuskan untuk mengetahui bagaimana cara merawat anak yang terserang cacar air dan juga obat cacar yang diperlukan oleh si kecil.

Obat cacar bisa berupa pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya cacar pada anak dan juga antibiotik jika cacar terinfeksi oleh bakteri. Bunda harus cermat dalam merawat si kecil yang terserang cacar dan memilih obat cacar yang sesuai dengan gejala-gejala yang timbul.

Menurut kidshealth.org, dokter akan menyarankan pemberian obat cacar berupa antibiotik jika cacar pada si kecil terinfeksi oleh bakteri. Hal ini umum terjadi karena si kecil kerap menggaruk bisul yang muncul pada saat mereka sakit cacar. Garukan tersebut membuat bisul pecah dan mengeluarkan cairan bening yang ada di dalamnya. Cairan tersebut akan mengalami kontak dengan tangan si kecil yang mungkin kurang bersih sehingga dapat membawa bakteri pada bisul-bisul yang lainnya.

Selain obat cacar yang berupa antibiotik, terdapat lagi obat cacar yang merupakan antivirus. Antivirus hanya akan diberikan pada anak yang beresiko mengalami komplikasi saat terserang penyakit cacar. Keputusan pemberian obat cacar berupa antivirus harus disesuaikan dengan usia dan kesehatan anak.

Hal lain seperti, parahnya infeksi yang terjadi serta waktu terjadinya infeksi virus cacar juga menjadi pertimbangan penting sebelum pemberian antivirus dilakukan. Dokter akan membantu Bunda dalam menentukan obat cacar apa yang sesuai untuk buah hati tercinta.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading