Sukses

Parenting

Penggunaan Obat Cacar Antivirus (1)

Telah Bunda ketahui bahwa pemberian obat cacar berupa antivirus pada anak yang terserang cacar air hanya boleh diberikan jika si kecil belum mendapatkan vaksin dan anti bodinya tidak bisa melawan infeksi. Obat cacar ini diberikan untuk mencegah resiko terjadinya komplikasi yang bisa membahayakan kondisi si kecil. Cara kerja dari obat cacar berupa antivirus ini adalah dengan menghentikan pertumbuhan virus penyebab cacar (varicella zoster) secara langsung.

Menurut webmd.com, antivirus cacar hanya akan diberikan pada orang-orang yang memiliki antibodi yang lemah sehingga resiko terjadinya komplikasi akibat cacar pada mereka menjadi berkurang. Berikut ini adalah daftar orang-orang yang disarankan menerima antivirus cacar.
• Orang dengan riwayat penyakit, seperti penyakit kulit dan paru-paru
• Orang dengan sistem imun yang lemah
• Wanita hamil dengan resiko komplikasi cacar yang besar
• Bayi yang baru lahir atau bayi yang memiliki berat kurang dan bayi yang ibunya sedang menderita cacar air.

Jadi, menurut informasi diatas, Bunda sebaiknya memberikan antivirus jika anak mempunyai riwayat penyakit kulit dan paru-paru yang lama karena penyakit tersebut akan semakin memburuk dengan adanya infeksi cacar yang menyerang si kecil. Selain itu, Bunda juga sebaiknya memeriksakan tentang kondisi sistem imun yang dimilki anak pada dokter. Hal ini penting karena jika si kecil memiliki sistem imun yang lemah maka pemberian antivirus disarankan untuk dilakukan untuk membantu tubuh melawan infeksi virus penyebab cacar.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading