Sukses

Parenting

Obat Cacar untuk Demam Akibat Cacar (2)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cacar air pada anak akan membawa berbagai gejala penyakit yang membuat anak tidak nyaman. Demam adalah salah satu dari gejala yang ditimbulkan oleh cacar air. Untuk mengurangi rasa sakit yang diderita si kecil karena gejala penyakit cacar, Bunda harus memberikan obat cacar yang bisa membuat kondisi si kecil nyaman.

Obat cacar tersebut sebenarnya bukan obat untuk melawan infeksi virus penyebab cacar karena virus akan mati oleh antibodi yang dimiliki anak. Obat cacar yang dimaksud adalah obat yang bisa meredakan demam, rasa sakit, dan juga nyeri yang ditimbulkan oleh cacar.

Pada artikel diatas, penulis telah menghimpun informasi bahwa Bunda bisa memberikan paracetamol pada si kecil jika demam mulai menyerang saat sedang sakit cacar. Selain paracetamol, ibuprofen juga bisa meredakan demam pada anak.

Namun, apakah penggunaan ibuprofen aman digunakan untuk meredakan demam akibat cacar. Jawabannya adalah tidak, karena ibuprofen bisa memicu komplikasi pada kulit yang terinfeksi virus cacar.

Hal tersebut disampaikan pada patient.co.uk bahwa menurut penelitian yang dilakukan menyatakan ibuprofen dan obat anti radang lainnya bisa meningkatkan kemungkinan infeksi serius pada kulit yang menyebabkan kompliksai jika diberikan pada anak yang sedang menderita cacar air.

Selain itu, ibuprofen juga sebaiknya tidak diberikan pada anak yang memiliki tingkat kesensitifan yang tinggi terhadap ibuprofen. Selain itu obat cacar yang mengandung anti radang juga beresiko fatal pada anak yang memilki penyakit asma.
Setelah mengetahui informasi diatas, Bunda sekarang menjadi tahu bahwa obat penurun panas yang boleh diberikan pada saat anak terserang cacar adalah paracetamol karena pemberian ibuprofen bisa mengakibatkan komplikasai yang lebih serius pada buah hati.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading