Sukses

Parenting

Menghindari Komplikasi Obat Cacar yang Digunakan

Mengkonsumsi obat cacar, tidak hanya untuk melawan virus penyebab cacar, namun juga untuk meringankan gejala-gejala yang timbul akibat penyakit cacar.

Pemberian obat cacar untuk membantu sistem imun dan juga meringankan gejala-gejalanya seringkali dikonsumsi secara bersamaan. Dalam menyikapi hal tersebut, mungkin Bunda akan bertanya apakah obat-obatan tersebut tidak akan menimbulkan komplikasi pada tubuh. Jawabannya mungkin akan Bunda temukan setelah membaca artikel ini.

Menurut nhs.uk, jika seseorang mengkonsumsi lebih dari satu jenis obat secara bersamaan maka kemungkinan obat-obat tersebut berinteraksi akan sangat besar.

Mungkin, dokter akan menyarankan Bunda untuk menghindari salah satu jenis obat saat si kecil mengkonsumsi obat tertentu. Namun adakalanya, dokter akan menyarankan si kecil untuk mengkonsumsi beberapa jenis obat secara bersamaan agar obat-obat tersebut berinteraksi satu sama lain.

Keputusan dokter untuk memberikan obat yang saling berinteraksi akan sangat tergantung dengan penyakit yang diderita si kecil. Dokter akan memberikan obat-obat untuk cacar secara bersamaan jika dirasa tindakan tersebut akan mengurangi cacar air beserta gejala-gejala yang ditimbulkan.

Pada kasus tertentu, dokter bisa saja mengubah dosis obat cacar yang sudah diberikan pada buah hati Bunda, jika reaksi yang ditimbulkan cenderung membahayakan kondisi si kecil.

Pada saat memeriksakan si kecil ke dokter, Bunda sebaiknya memberitahu dokter tentang obat apa saja yang sedang dikonsumsi si kecil agar dokter bisa memperkirakan tentang resep obat cacar yang harus diberikan. Dalam memberikan obat cacar bagi si kecil, Bunda sebaiknya cermat agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading