Sukses

Parenting

Mengatasi Rasa Gatal dengan Obat Cacar dari Dalam

Rasa gatal adalah gejala yang dirasa paling mengganggu saat si kecil terserang cacar. Obat cacar yang bisa mengurangi rasa gatal sangat diperlukan oleh si kecil agar merasa nyaman.

Para Bunda harus pintar memilih obat cacar yang tepat agar gejala gatal-gatal ini tidak semakin parah. Obat cacar harus bisa menghilangkan rasa gatal pada kulit atau setidaknya mengurangi rasa gatal tersebut.

Selain pemberian salep atau bedak yang umum disarankan dokter untuk menghilangkan rasa gatal saat anak terserang cacar, pemberian obat cacar dari dalam juga dirasa perlu dilakukan. Obat penghilang rasa gatal bisa diminum secara langsung oleh anak untuk mengatasi rasa gatal pada akarnya.

Obat seperti Benadryl bisa diberikan pada anak untuk diminum agar rasa gatal yang timbul akibat cacar bisa berkurang. Benadryl mempunyai efek samping yang menyebabkan rasa kantuk, jadi obat ini sebaiknya diberikan pada si kecil ketika malam hari sebelum tidur.

Selain Benadryl, obat lain seperti Claratin atau Zyrtec mungkin juga bisa membantu meringankan rasa gatal yang timbul di sekitar bisul cacar. Kedua obat ini tidak memiliki efek samping yang menyebabkan rasa kantuk sehingga pemberiannya dapat diberikan sebelum si kecil memulai aktifitas. Satu lagi obat penghilang rasa gatal adalah obat cacar berupa antivirus. Namun, penggunaan antivirus hanya diperbolehkan untuk orang-orang yang memiliki sistem imun lemah. Jadi tidak semua anak boleh diberikan antivirus ini. Sebaiknya Bunda mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter terlebih dahulu.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading