Sukses

Parenting

Mengatasi Gatal dengan Obat Cacar Calamine Lotion

Pada artikel ini pembahasan tentang obat cacar yang bisa menghilangkan rasa gatal masih dilanjutkan. Kali ini obat cacar yang akan dibahas adalah calamine lotion untuk mengurangi rasa gatal akibat cacar. Pada pasaran Indonesia obat cacar calamine lotion dikenal dengan merk caladine lotion yang berwarna merah muda. Bunda tentu sudah pernah menemui product calamine lotion yang dimaksudkan diatas, atau mungkin pernah menggunakannya untuk mengatasi biang keringat si kecil.

Pada saat anak terserang cacar air, rasa gatal akan melanda seluruh tubuh si kecil. Namun, si kecil dilarang menggaruk untuk meredakan rasa gatal karena akan menimbulkan infeksi bakteri. Menurut zimbio.com, rasa gatal akibat cacar bisa dikurangi dengan pemberian calamine lotion pada permukaan kulit yang gatal. Bunda harus sangat hati-hati saat mengoleskan calamine lotion pada kulit si kecil. Bunda jangan sampai menggaruk bisul pada kulit si kecil saat mengoleskan clamine lotion. Cukup tuangkan sedikit calamine lotion pada permukaan kulit, lalu ratakan dengan pelan ke seluruh bisul di sekitarnya.

Selain itu, calamine lotion bisa disimpn dalam lemari es terlebih dahulu sebelum dioleskan pada kulit. Hal ini akan menimbulkan sensasi dingin pada bagian kulit yang gatal sehingga rasa gatal akan sedikit berkurang. Sayangnya, calamine lotion ini tidak memiliki efek pengurangan rasa gatal yang lama. Rasa gatal akan kembali bila calamine lotion telah mengering. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya mengoles kembali calamine lotion saat si kecil mulai merasakan gatal lagi.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading