Sukses

Parenting

Bahaya Keputihan saat Hamil (Bagian 2)

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak bahaya yang terjadi ketika Bunda mengalami keputihan saat hamil. Tahukah Bunda kalau keputihan yang tidak normal di saat hamil dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya? Berikut ulasannya seperti yang telah dijelaskan di dalam laman bidanku.com.

Biasanya, ciri keputihan yang tidak normal ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna kekuningan. Dan jika sudah keluar, maka daerah kewanitaan Anda terasa gatal dan baunya amis. Nah, jenis keputihan seperti ini biasanya disebut sebagai vaginosis bakterialis yang dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya.

Selain itu, keputihan ini sangat mempengaruhi pertumbuhan bayi nantinya. Bahaya yang ditimbulkan oleh keputihan terhadap bayi adalah beran badan bayi rendah. Kalau keputihan normal yang keluar saat Bunda hamil, maka tidak ada bahaya apapun.

Namun perlu Bunda ketahui, jika keputihan tersebut bersifat abnormal, maka jelas membawa bahaya bagi kesehatan dan bayi Anda nantinya.

Juga melangsir dari laman doktersehat.com, bahwa infeksi virus HPV dapat menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian.

Selain itu, infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae dapat menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan. Aduh, ngeri banget Bun, bahaya dari keputihan yang tidak normal saat hamil. Maka dari itu, Bunda sebaiknya konsultasikan segera dengan dokter spesialis agar Bunda bisa merasa aman.

Oleh : Irawan Anggadi R.

(vem/ver)
;
Loading