Sukses

Parenting

Bahaya Keputihan saat Hamil (Bagian 1)

Bunda, biasanya keputihan yang sifatnya normal bagi Ibu hamil tidak bakal menyebabkan berbahaya. Namun, gimana dengan keputihan yang tidak normal saat Bunda sedang hamil? Menurut penelitian, kemungkinan akan menimbulkan bahaya ketika Bunda mengalami keputihan saat hamil.

Berikut penjelasannya seperti yang diungkapkan di dalam laman bidanku.com. Umumnya, keputihan yang dialami oleh Ibu hamil disebabkan oleh jamur candida sp. Bahaya yang kemungkinan bisa terjadi adalah kelahiran prematur.

Bunda, keputihan yang ditandai dengan keluarnya cairan yang lebih kental, berbau amis, dan juga rasa gatal dapat memicu terjadinya iritasi pada vulva. Jika dibiarkan tanpa adanya pengobatan dari tim medis, maka hal tersebut akan menyebabkan kelahiran bayi prematur. Sangat disayangkan jika bayi sudah keluar di waktu yang tidak tepat.

Karena hal tersebut juga mempengaruhi kondisi si bayi juga, loh. Bahaya yang lain yang disebabkan karena keputihan saat hamil adalah keguguran. Melangsir dari laman doktersehat.com, pada infeksi Chlamydia dapat terjadi keguguran hingga persalinan prematur.

Aduh,bisa gawat nih Bun kalau tidak segera diatasi. Selain itu, infeksi virus Herpes simpleks dapat menyebabkan radang pada otak bayi, atau dalam nama biologi yaitu ensefalitis. Dan juga, infeksi jamur Candida sp dapat meningkatkan resiko terjadinya ayan atau biasa disebut sebagai epilepsi.

Wah, banyak banget bahaya yang disebabkan oleh keputihan. Bunda harus lebih berhati-hati dan selalu menjaga organ kewanitaan Bunda di saat Bunda sedang hamil.

Oleh : Irawan Anggadi R.

 

(vem/ver)
;
Loading