Sukses

Parenting

Makna Trilogi Doa Nikah: Mawaddah

Ladies, sebagian besar orang pasti sudah tak asing lagi dengan doa nikah seperti ini “semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah” yang biasa dipanjatkan kepada pasangan pengantin baru. Namun ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu arti dari sakinah, mawaddah, wa rahmah”.

Mungkin saat awal menikah, semua terasa begitu indah, tersusun dengan rapi dan harus rapi serta membahagiakan. Namun kehidupan ternyata tidak berhenti disini, bahkan justru baru saja dimulai dititik ini. Persiapan menyongsong kelanjutannyalah yang sebenarnya lebih harus dipatenkan dalam hati, agar pernikahan senantiasa bahagia.

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan apa yang dimaksud dengan sakinah. Nah, pada permbahasan kali ini akan mengupas arti dari Mawaddah. Seperti dilangsir pada situs voa-islam.com, pengertian Mawaddah menurut bahasa berarti Cinta atau harapan. Dalam sebuah Pernikahan, Cinta adalah hal penting yang harus ada dan selalu ada pada sebuah pasangan suami Istri. Dan Mawaddah berarti Selalu mencintai baik dikala senang maupun sedih.

Tidak hanya itu, dijelaskan pada situs islamqa.info, menurut Hasan Al-Basri, mawaddah adalah metamorfosa dari hubungan suami istri. Jika rumah tangga adalah mesin, maka mawaddah adalah dinamonya.
Di antara ciri Mawaddah adalah:
a. Sering saling memberi hadiah.
b. Kasratu Dzikrihi: Selalu mengingat kebaikannya.
c. Kasratu Ittishali Ma’ahu: Selalu berkomunikasi dan saling terbuka.

Nah, ternyata secara sederhana Mawaddah artinya adalah Cinta atau bisa juga Harapan. Mawadah juga bisa berarti adanya perasaan cinta dan sayang dari sepasang suami istri.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading