Sukses

Parenting

Makna Ijab Qabul dalam Bacaan Akad Nikah Islam

Ladies, suatu pernikahan belum sah jika belum mengucapkan bacaan akad nikah dengan baik dan benar. Bacaan akad nikah ialah berupa ijab dan qobul. Ijab dan qobul dalam akad nikah merupakan rukun nikah yang paling menentukan dalam menjadikan sesuatu yang haram menjadi halal.

Perlu Anda ketahui, seperti dijelaskan pada situs hasbihtc.com, ternyata tidak sah suatu pernikahan jika di dalamnya tidak ada ijab qobul. Maka dari itu, pernikahan dalam Islam ada syrata ijab qobul dalam akad nikah Islam yang harus dipenuhi oleh calon mempelai suami isteri agar pernikahnnya menjadi sah.

Bicara mengenai ijab qobul, mungkin masih ada sebagian orang yang belum paham betul apa itu ijab qobul. Seperti dijelaskan pada situs addriadi.com, ijab qobul ialah ucapan dari orang tua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Orang tua mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria, dan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi. Atau bisa juga ijab kabul merupakan ucapan sepakat antara kedua belah pihak.

Tidak hanya itu, akad nikah dengan sebuah ijab qabul itu harus dilakukan di dalam sebuah majelis yang sama. Dimana keduanya sama-sama hadir secara utuh dengan ruh dan jasadnya. Termasuk juga didalamnya adalah kesinambungan antara ijab dan qabul tanpa ada jeda dengan perkataan lain yg bisa membuat keduanya tidak terkait. Sedangkan syarat bahwa antara ijab danqabul itu harus bersambung tanpa jeda waktu sedikitpun adalah pendapat syafi’i dalam mazhabnya.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading