Sukses

Parenting

Bacaan Akad Nikah: Kenapa Ijab Qobul Harus Satu Nafas?

Ladies, sebagai wanita apakah Anda tahu banyak hal mengenai sunnah dan kewajiban yang harus dilakukan ketika melakukan pernikahan? Jika belum, pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa bacaan akad nikah harus dibaca dalam satu nafas?

Menurut Majalahsakinah.com, yang dimaksudkan dengan satu nafas adalah tidak adanya jeda yang panjang yang menunjukkan ketidakinginan salah satu pihak. Hal ini termasuk dalam salah satu syarat syahnya ijab qabul.

Hal yang hakiki dalam ijab qobul adalah serah terima antara dua pihak yang memberi dan menerima. Maka pada upacara akad nikah, niat baik dari kedua belah pihak menjadi sangat penting.

Namun, ternyata pendapat lain dipaparkan oleh Ulama Hambali dan Hanafi melalui Konsultasisyariah.com. Pendapat ini mengatakan bahwa tidak masalah jika ada pemisah ringan, yang tidak sampai dianggap telah memutus sikap ’segera’ dalam menyampaikan qabul.” (al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba’ah, 4/16).
Namun hal ini bukan berarti pasangan Anda diijinkan untuk mengatakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan bacaan akad nikah. Sebagian ulama Syafiiyah melarang adanya ucapan apa pun yang tidak ada hubungannya dengan akad nikah.

Jadi dari keterangan di atas, sebenarnya membaca ijab qobul sebaiknya dibaca satu nafas untuk menunjukkan iktikad baik antara kedua belah pihak meski tida ada peraturan yang mengharuskannya

Oleh : Kustin Ayuwuragil D.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading