Sukses

Parenting

Seharusnya, Pendidikan Seksual Dimulai Sejak Dini!

Ladies mengenal beberapa anak usia kelas 4 dan 5 SD yang sudah mendapat menstruasi pertamanya? Apa reaksi Anda? Kaget? Heran? Well, hal ini sepertinya sudah mulai menjadi umum, lho, Ladies. Mungkin tidak lama lagi, masyarakat sudah akan menganggap hal ini sebagai hal normal, tidak seperti di jaman Ladies dulu di mana anak perempuan biasanya baru mendapat menstruasi pertamanya ketika berusia SMP.

Dengan semakin banyaknya anak perempuan yang mengalami masa puber dini ini, Ladies sebagai orang tua tentu juga harus mulai mempertimbangkan pendidikan seks dini juga, lho, ya. Hal ini penting sebagai tindakan preventif terhadap informasi yang salah mengenai seks dan seksualitas yang mungkin bisa didapat anak melalui teman-temannya.

Seperti yang dilansir dari npr.org, beberapa sekolah di San Fransisco, Amerika, telah mencanangkan pagelaran teater mini rutin yang mengambil naskah tentang masa puber yang terjadi pada perempuan yang berjudul ‘Nightmare on Puberty Street’. Anda memang tidak perlu mencontoh mentah-mentah pagelaran teater mini ini dengan mengusulkannya ke sekolah anak. Namun, setidaknya Anda harus menginformasikan kepada sekolah anak untuk mempertimbangkan pemberian pendidikan seksual pada usia dini ini.

Perlu diperhatikan juga bahwa seringnya anak tidak nyaman membicarakan mengenai perkembangan seksualitasnya kepada Anda sebagai orang tua karena kecanggungan khas remaja. Untuk itulah, salah satu cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk pemberian pendidikan seksual pada anak adalah melalui sekolahnya.

 

Oleh: Mazhi

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading