Sukses

Parenting

Ketika si Kecil Bertanya Soal Seks

Kebakaran jenggot, mungkin itulah yang Anda rasakan ketika anak anda bertanya mengenai hal yang tabu di negara kita. Tapi bagi si kecil yang sedang bertumbuh dewasa, itu adalah hal yang wajar ketika anak seusianya mulai memiliki rasa ingin tahu akan kondisi di sekitarnya, terlebih lagi soal perkembangan tubuhnya.

Dikutip dari nhs.uk, ketika anak Anda bertanya mengenai seks, itulah saatnya anak Anda siap untuk menerima jawaban yang sebenarnya. Memberikan jawaban yang sebenarnya mengenai seks kepada anak Anda tidak akan membuat anak Anda melakukannya, malah sebaliknya, mereka akan lebih waspada.

Berikan jawaban yang sebenarnya berdasarkan yang mereka tanyakan. Ketika mereka tidak bertanya lagi berarti mereka telah puas dengan jawaban Anda. Namun jika mereka bertanya lebih mendalam, anda bisa memberi tahu mereka lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak harus menjelaskan kepada mereka sampai hal-hal kecil. Cukup berikan penjelasan yang sesimpel mungkin dan tidak terlalu rumit, misalkan mereka bertanya bagaimana bayi keluar dari perut ibunya. Anda bisa menjawab, bayi keluar dari saluran di dalam tubuh perempuan yang dinamakan vagina.

Yang terakhir, ketika hal ini datang kepada Anda, jangan memberikan suasana kepada anak Anda kalau hal ini tidak pantas untuk dibicarakan. Memberikan pengetahuan mengenai seks di dalam lingkungan keluarga dan sekolah sengat penting daripada mereka belajar dari luar.

 

Oleh: Juan Fanani

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading