Sukses

Parenting

Berbicara Tentang Seks Dengan Anak Pra-Sekolah

Bunda, pembicaraan tentang seks dengan anak memang sering kali dihindari oleh kebanyakan orang tua. Dan ketika anak kita yang masih sangat kecil bertanya tentang dari mana dia berasal, orang tua akan merasa kesulitan dan biasanya akan mengalihkan pembicaraan.

Untuk memudahkan Bunda menjawab pertanyaan si kecil, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal sebagaimana dilansir mayoclinic.com berikut ini.

1. Saat anak belajar berjalan dan berbicara, mereka juga belajar akan tubuh mereka. Saat anak mulai bertanya tentang tubuhnya akan sangat baik jika kita mulai mengajari tentang bagian tubuhnya.

2. Ajarkan bahwa bagian–bagian tertentu pada tubuh sangatlah pribadi. Dan saat anak bertanya tentang bagian tubuhnya, jangan tertawa atau terkikik, berikan jawaban langsung, sederhana, dan jujur.

3. Anak pra-sekolah akan mengeksplorasi bagian pribadi pada tubuhnya dengan cara memegang atau menggaruk bagian pribadi pada tubuhnya. Hal ini adalah hal yang biasa terjadi pada anak, jika anak mulai melakukan ini jelaskan pada mereka bahwa hal ini boleh dilakukan asal tidak terlalu sering dan tidak boleh dilakukan di depan umum.

4. Jika saat di tempat umum anak melakukan hal ini, ingatkan anak pada aturan yang sudah anda terapkan bahwa tidak boleh melakukannya di depan umum. Jika cara ini tidak berhasil, bawa anak minggir sejenak dan peringatkan anak dengan sedikit lebih tegas agar tidak mengulanginya lain waktu.

Semoga bermanfaat, Bunda.

 

Oleh: Lia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading