Sukses

Parenting

Tips Menyampaikan Pendidikan Seksual Pada Anak (1)

Sebagian besar orang mungkin sepakat bahwa pendidikan seksual adalah hal yang sangat penting untuk disampaikan pada anak-anak dan remaja. Sayangnya, tak banyak yang tahu bagaimana cara menyampaikannya, agar tak sampai memberikan dampak negatif pada kejiwaan anak. Alhasil, banyak orang tua dan guru yang lebih memilih diam, dan tak membicarakan ini pada anak.

Namun keputusan untuk tidak memberikan pendidikan seksual pada anak jelas bukan pilihan yang bijak. Kurangnya pengetahuan anak tentang pendidikan seksual justru membuat mereka terjerumus pada perilaku seks bebas dan kehamilan di luar nikah. Atas alasan itulah, independent.co.uk memberikan sejumlah tips agar orang tua dan guru memiliki dasar dan teknik penyampaian pendidikan seksual yang cukup agar lebih percaya diri dalam menyampaikannya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah cara bicara Anda. Gunakan nada dan bahasa yang wajar saat menyampaikan pendidikan seksual. Hal ini penting dilakukan agar anak dan remaja tak merasa sedang menghadapi hal yang menakutkan. Buat mereka merasa seperti belajar hal baru seperti biasanya.

Poin kedua yang harus diperhatikan adalah menghindari gaya mengajar seperti di sekolah. Buat pelajaran yang satu ini jadi aktivitas menarik sehingga anak didik merasa tertarik mempelajarinya. Pasalnya, anak dan remaja kadang sudah lelah dengan cara penyampaian materi di sekolah sehingga menginginkan suasana yang lebih menyenangkan saat belajar. Cobalah dua cara tersebut, dan buktikan hasilnya!

 

Oleh: Pelangi Permatasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading