Sukses

Parenting

Mengenalkan Konsep Seks Pada Anak? Begini Caranya

Bunda, Anda bukan satu-satunya orang tua yang kebingungan bagaimana caranya mengenalkan konsep seksualitas pada anak-anak. Pada dasarnya, seksualitas merupakan hal yang masih sulit diterima dan masih dianggap tabu.

Pengertian seksualitas yang terbatas pada hubungan suami istri sering membuat hal ini dianggap tabu. Padahal seksualitas juga mencakup perkembangan tubuh dan hormonal pada anak yang wajib diketahui oleh anak.

Tujuannya agar anak lebih siap menghadapi masa pubertasnya. Termasuk, yang sering lupa, konsep moral dan seks yang perlu ditanamkan dan tidak mungkin bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa bimbingan orang tua.

Oleh sebab itu Bun, pengenalan seksualitas seharusnya diberikan sedini mungkin. Menurut simplemom.net, hal pertama yang bisa kita ajarkan pada anak adalah mengenalkan dirinya pada tubuhnya sendiri.

Mulailah dengan mengajari nama yang benar pada setiap anggota tubuhnya. Jadi nanti saat buah hati tumbuh dewasa, akan lebih mudah bagi Anda untuk memberikan pengajaran yang lebih lanjut tentang hal ini.

Jika anak Anda tidak menanyakan hal terkait seksualitas pada Anda, Anda bisa memulainya terlebih dahulu. Untuk ini, pilihlah tema yang mudah dimengerti oleh anak.

Jangan lupa siapkan dulu jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sekirannya akan ditanyakan oleh anak. Sebagai contoh, jika ada teman Anda yang sedang hamil datang berkunjung, mulai pembicaraan dengan anak apakah dia menyadari bahwa perut Tante atau Budenya membesar.

Pancing juga dengan pertanyaan anak tahu atau tidak ada bayi dalam perut persis seperti dia dahulu. Untuk selanjutnya biarkan pembicaraan berlangsung berdasarkan rasa penasaran anak.

Begitu Bun, berikan pengetahuan mengenai seks pada anak sesuai dengan umurnya. Balita tentunya masih susah menerima info detail terkait seksualitas. Namun ini juga tidak berarti Anda harus menunggu usianya matang terlebih dahulu.

 

Oleh: Aulia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading