Sukses

Parenting

Keuntungan Alat Kontrasepsi untuk Mencegah Kehamilan Terencana

Ladies, alat kontrasepsi memang sudah banyak digunakan oleh pasangan suami istri saat bercinta. Berbagai macam alat kontrasepsi memang memberi keuntungan tersendiri bagi yang menggunakannya.

Namun, bagi Anda yang ragu dan atau takut menggunakan alat tersebut, berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat memutuskan menggunakan alat kontrasepsi mencegah kehamilan terencana, seperti dilansir dari laman guttmacher.org.

1. Wanita dan pasangan yang menggunakan alat kontrasepsi dapat memiliki kehamilan yang lebih sehat karena memiliki jarak waktu yang cukup sehat untuk melahirkan kembali dan kemungkinan untuk mengatur jumlah keluarga yang diinginkan.

2. Kemampuan untuk mengatur kehamilan akan sangat berpengaruh pada kehidupan sosial dan ekonomi seorang wanita. Hal ini disebabkan kemampuan wanita untuk mengatur kehamilan dan menggunakan alat kontrasepsi secara efektif berpengaruh besar pada peluang pendidikan dan partisipasinya dalam lingkungan kerja. Dampaknya adalah pengaruh langsung pada penghasilan, stabilitas keluarga, kesehatan mental dan, tentu saja, kebahagiaan Anda sendiri.

3. Banyak dari metode pengontrolan hormon seperti penggunaan pil, cincin vagina, implan dan IUD terbukti nyaman dan efektif saat digunakan, meski beberapa metode ada yang berdampak timbulnya rasa tidak nyaman seperti kram dan nyeri utamanya pada saat menstruasi.

4. Alat kontrasepsi yang berlaku dalam jangka waktu lebih lama diakui sangat efektif dalam menghindarkan seorang wanita dari resiko kehamilan. Hanya 1 persen kemungkinan mendapatan kehamilan dari alat kontrasepsi yang bersifat tahan lama seperti implan dan IUD.

5. Penggunaan kondom untuk wanita terbukti 98 persen aman jika digunakan dengan benar, dan keamanannya turun hingga 18 persen jika tidak digunakan dengan benar.

Nah, itulah informasi seputar keunggulan alat kontrasepsi terhadap kehamilan. Semoga membantu Ladies membuat keputusan terbaik bagi Anda, pasangan dan keluarga.

 

Oleh: Aulia

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading