Sukses

Parenting

Sensasi Hidup Mandiri ala Pengantin Baru (1)

Ladies, Anda baru menikah? Wah, itu tandanya Anda harus belajar hidup lebih mandiri lagi ketimbang saat Anda masih kuliah atau bekerja, sekalipun hidup sama-sama jauh dari orangtua. Awalnya mungkin akan terasa sangat berat sebab Anda harus mengurus hidup yang baru dengan pasangan Anda, namun ternyata tidak seberat itu kok, Ladies.

Jika Anda mampu hidup mandiri berarti Anda pun harus mampu mengatasi beberapa ‘kejutan’ hidup yang harus Anda hadapi sendiri. Seperti lansiran laman Parentingteens.about.com, ada beberapa hal yang membuat hidup mandiri makin seru, yang membutuhkan strategi untuk mengatasinya.

Pertama, Anda mungkin akan dihadapkan pada kondisi keuangan yang dilematis, Ladies. Menjadi dilematis adalah karena kini ketika Anda melihat jumlah pemasukan bulanan, Anda perlu membaginya secara adil dan rata, dan harus menabung juga. Anda perlu mempertimbangkan pengeluaran untuk makan, transportasi dan komunikasi, serta sebagian pula untuk keperluan Anda dan pasangan; ditambah pula keperluan anak kelak.

Untuk itu, akan lebih bijak lagi jika Anda langsung membagi pemasukan dan menyisihkan sebagian untuk ditabung. Hati-hati Ladies, jangan sampai besar pasak daripada tiang, ya.

Kedua, Anda pun perlu mempelajari berbagai keterampilan rumah tangga, seperti mencuci, membersihkan rumah, bahkan keterampilan untuk dekorasi rumah, sebab nih Ladies, dengan kemampuan tersebut Anda akan lebih menghemat pengeluaran karena Anda tak perlu meminta orang lain melakukannya.

Bahkan nih Ladies, sebuah rumah tangga yang kecil dan ‘muda’ memang sebaiknya hanya meliputi dua orang saja – Anda dan pasangan. Alasannya tentu agar Anda dan pasangan lebih banyak belajar agar saat sudah ada momongan, Anda dan pasangan Anda tidak kelabakan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading