Sukses

Parenting

Meningkatkan Berat Badan Balita Di Bawah Normal

Siapa bilang semua balita memiliki tubuh yang gendut dan menggemaskan? Tidak, ladies. Ada beberapa balita yang justru memiliki berat badan di bawah normal. Berat badan yang rendah ini bisa disebabkan karena dia terlalu banyak membakar kalorinya saat beraktivitas dan susah makan.

Selain aktivitas yang tinggi, penyebab balita memiliki berat badan yang rendah adalah karena si kecil baru saja sakit; apakah itu diare maupun sakit lainnya yang menyebabkan system pencernaan si kecil tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Yang lebih serius lagi, berat badan balita yang rendah sering dihubungkan dengan gangguan sisitem pencernaan. Nah, untuk memastikan apa yang salah dengan buah hati anda, ada baiknya jika aldies membawa si kecil berkonsultasi dengan dokter anak.

Nah, jika terbukti bahwa buah hati memiliki berat badan di bawah normal, apa yang harus ladies lakukan? Jangan panik, ladies. Ada banyak cara untuk menaikkan berat badan buah hati anda.

Pertama, pastikan bahwa jam makan dan snacking buah hati dibuat teratur. Ketika waktunya dia makan, bawalah balita anda ke meja makan. Untuk membuatnya merasa enjoy dengan menu yang ada di depannya, ajaklah si kecil bercakap-cakap. Dan pastikan bahwa anda tidak menyalakan tivi atau memberikan gadget agar buah hati lebih fokus.

Next, perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Seperti dikutip dari situs babycentre.co.uk, meningkatkan berat badan balita dapat dilakukan dengan menambah masukan kalori. Kalori yang tinggi bisa didapatkan dari dairy product, seperti susu, yogurt, dan keju yang semuanya mengandung full fat.

Selain itu, untuk menambah asupan kalori, masaklah menu makanan si kecil dengan menanmbahkan margarin, minyak, maupun double cream ke dalam makanan buah hati anda.

Next, berikan snack yang tinggi kalori di sela-sela jam makan si kecil. Alpukat atau roti bakar adalah dua jenis alternative snack yang bisa menkadi pilihan ladies.

Snack lain yang juga bisa menjadi pilihan adalah pudding. Untuk menambahkan jumlah kalori dalam pudding, tambahkan pisang tumbuh dan yogurt full-fat.

Yang tidak kalah pentingnya adalah jangan biasakan si kecil untuk meminum susu botol di malam hari. Kebiasaan ini dapat menyebabkan si kecil mengalami kekenyangan sehingga selera makannya berkurang di siang hari.

Selain menambah asupan makanan, memberikan suplemen vitamin juga merupakan hal yang sangat disarankan. Berikan suplemen yang mengandung vitamin A, D, dan C. Tambahan vitamin ini mampu menambah jumlah zat besi yang terserap dalam tubuh balita yang menyebabkan selera makannya meningkat.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading