Sukses

Parenting

Buat Buah Hati Anda Menjadi Lebih Mandiri

Menjadi pribadi yang mandiri dan tidak menyusahkan orang lain adalah mindset yang perlu ladies tanamkan kepada buah hati sejak dini. Sekalipun mereka masih berusia balita, tidak ada salahnya jika mulai sekarang anda membiasakan mereka menjadi mandiri. Dengan terbiasa melakukan hal-hal penting secara mandiri, kelak ketika buah hati anda sudah beranjak dewasa, mereka akan terbiasa untuk tidak menyusahkan orang lain.

Nah, bagaimana caranya untuk mengajarkan kemandirian kepada anak-anak? Ikuti setiap stepnya berikut ini, seperti dikutip dari laman wahm.com.

Step yang pertama, berikan “me time” kepada buah hati anda. Dalam sehari, sediakan sedikit waktu di mana buah hati melakukan hal-hal kesukaan sendiri dalam sebuah “me time”. Dengan memiliki “me time”, buah hati akan belajar bahwa mereka bisa melakukan beberapa hal sendiri tanpa bantuan anda.

Step kedua setelah “me time” adalah memberikan sebuah ‘project’ untuk diselesaikan oleh buah hati. Project ini bisa berupa apa saja, terutama hal-hal yang berhubungan dengan kesukaan dan minat mereka agar buah hati lebih tertarik untuk mengerjakannya. Jangan lupa untuk memberi batasan waktu kepada mereka.

Ketiga, failure is okay. Ketika buah hati mengalami kegagalan dalam menyelesaikan project-nya, jangan memarahi mereka. Sebaliknya, hibur mereka dengan mengatakan bahwa gagal bukanlah masalah yang besar. Kegagalan yang dialami oleh si kecil akan membantu mereka untuk menjadi lebih baik dan tentunya lebih mandiri.

Cara lain untuk membiasakan anak menjadi pribadi yang mandiri adalah dengan membangun rutinitas. Ada banyak jenis rutinitas yang bisa anda bangun untuk melatih anak menjadi mandiri. Misalnya, rutinitas setelah bangun tidur. Setelah bangun tidur, buat mereka melipat selimut. Awalnya mungkin memang sulit, namun seiring dengan berjalannya waktu, you will see how it works.

Next, dalam rangka menjadikan si kecil pribadi yang mandiri, anda harus membiasakan mereka untuk mengambil keputusan. Contoh kecil yang bisa anda terapkan adalah membiarkan mereka untuk memilih sendiri baju yang akan dipakainya.

Kebiasaan lain yang tidak kalah pentingnya untuk melatih kemandirian buah hati adalah dengan memberikan tugas rumah sebagai tanggung jawab harian mereka. Misalnya jika buah hati memiliki hewan peliharaan, buat mereka bertanggung jawab untuk memberinya makan setiap pagi dan sore hari.

Yang terakhir, jangan lupa untuk memberikan pujian saat mereka berhasil melakukan sebuah hal secara mandiri. Namun ingat, jangan memuji buah hati anda secara berlebihan, ya, ladies.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading