Sukses

Parenting

Tips Memberikan Dosis Obat yang Tepat pada Si Kecil (Part 2)

Si kecil yang biasanya bermain dengan ceria, kini sedang jatuh sakit. Jika sudah begini, maka Moms akan mulai repot dan bingung dalam merawat buah hati tercinta. Mulai dari memberikan makanan kesukaanya, membawanya ke dokter, membuat tidurnya nyaman, hingga memberikan obat untuknya.

Nah, supaya anak Anda bisa segera sembuh, Moms perlu memberikan obat dengan dosis yang tepat untuknya. Sering kali pemberian dosis yang kurang tepat bisa membuat obat menjadi kurang efektif atau bahkan dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan buah hati Anda.

Lantas, bagaimana memberikan obat dengan dosis yang tepat pada anak? Selain beberapa tips yang telah diulas di artikel sebelumnya, berikut ini masih ada beberapa tips lainnya untuk memberikan dosis obat yang tepat pada anak yang dilangsir dari situs babycenter.com.

• Anda mungkin berpikir semakin banyak obat yang diberikan maka akan semakin cepat pula si kecil bisa sembuh. Perlu Anda ketahui bahwa dosis obat diberikan berdasarkan jumlah yang aman, bukan karena seberapa parah sakitnya. Maka dari itu, sangat penting bagi Moms untuk memberikan obat dalam dosis yang sesuai dengan yang dianjurkan.

• Moms bisa saja membuat kesalahan dengan memberikan terlalu banyak obat pada buah hati Anda. Tidak akan efek berbahaya jika hanya sekali saja Anda salah dalam memberikan dosis obat pada si kecil. Namun, jika Moms merasa tidak yakin, Anda bisa segera menghubungi dokter untuk memastikan kondisi kesehatan buah hati Anda.

• Apabila karena beberapa alasan si kecil tidak dapat menelan obat atau mendapatkan jumlah obat yang cukup karena ia terus mual dan muntah, Anda perlu untuk segera menghubungi dokter. Dokter akan menggunakan cara lainnya seperti melalui suntikan agar anak Anda bisa mendapatkan perawatan yang ia butuhkan agar bisa segera sembuh.

• Jangan menakar jumlah obat di dalam pikiran Anda. Jika dosis obat yang dianjurkan adalah satu sendok teh dan sendok takar atau pipet milik Anda tidak memiliki tanda untuk ukuran sendok teh, maka jangan sembarangan menerka. Gunakan sendok takar yang sesuai dan ingat bahwa 1 sendok teh = 5 cc.

• Hal terpenting yang perlu Moms ingat adalah jangan pernah memberikan anak Anda resep obat untuk anak lain. Anda mungkin berpikir si kecil bisa menggunakan obat milik kakaknya yang juga sedang sakit. Padahal setiap anak memiliki dosis yang berbeda terhadap tiap obat dan memberikan obat sembarangan justru bisa menimbulkan masalah lainnya.

Jadi, tidak sulit bukan memberikan dosis obat yang aman dan tepat untuk buah hati Anda? Semoga tipsnya membantu.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading