Sukses

Parenting

Yuk Kenali Bagaimana Anak Belajar Berbicara di Usia 1 Sampai 2 Tahun

Setiap ibu pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Termasuk juga step-step perkembangan mereka di usia-usia tertentu, yang salah satunya adalah tahapan mereka untuk belajar berbicara. Nah, sudah usia berapakah sekarang si kecil? Ternyata, ada beberapa stage yang harus kita ketahui lho, Moms. Berikut ini penjelasannya, seperti yang dilangsir oleh laman babycenter.com.

Usia 12 Bulan
Pada saat ini, si kecil sudah mulai bisa mengatakan kata-kata pertamanya. Biasanya, kata pertama yang mereka ketahui adalah “Mama”, karena mungkin setiap orang yang datang akan mengajarkannya kata-kata ini dan juga dia mengetahui Anda setiap harinya. Atau, beberapa baby juga memiliki kata pertama yang lainnya.

Nah, pada saat ini juga, mereka mengetahui 1 sampai dengan 5 kata dan bagaimana menggunakannya dalam konteks. Jadi, ketika Anda misalnya mengajarinya untuk mengatakan “buah” sambil menunjukkan wujud buah tersebut, mereka akan bisa mengatakannya sambil memandang benda yang Anda jelaskan sebagai buah. Wah, seru juga ya Moms memperhatikan perkembangan mereka.

Usia 14 Bulan
Dalam tahap ini, anak mulai menggunakan naik turunnya suara mereka dengan benar. Seperti misalnya ketika mereka bertanya dengan menggunakan kata-kata “apa?”, di ujung kata ini, si kecil akan menggunakan tone suara yang lebih tinggi. Selain itu, dia juga akan menggunakan gesture untuk mendukung apa yang dikatakannya. Nah, kalau si buah hati tercinta belum juga mengucapkan satu katapun di usianya yang sudah menginjak 15 bulan, maka segera periksakan ke dokter ya, Moms.

Usia 16 Bulan
Pada tahap ini, anak sudah memiliki inisiatif untuk mengajak Anda berkomunikasi. Mereka akan memanggil “Mama” hanya untuk mendapatkan perhatian dari Anda. Selain itu, mereka juga akan bisa mengangguk dan menggelengkan kepala mereka untuk mengatakan “iya” dan “tidak”. Pada bulan- bulan ini, mereka juga akan bisa mengucapkan beberapa konsonan seperti t, d, n, w, dan h.

Usia 18 Bulan
Pada usia 18 bulan ini, dia akan memiliki lebih banyak kosakata lagi, Moms. Jumlahnya bisa mencapai 20 kata. 20 kata ini meliputi nama orang, kata kerja dan juga kata sifat. Wah, pesat juga ya. Nah, sebenarnya, inilah saat-saat yang tepat kalau Anda ingin mengajarkan lebih dari satu bahasa kepada anak. Misalnya saja bahasa daerah dan bahasa Indonesia, atau bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Usia 18 Bulan Sampai dengan 24 Bulan
Pada usia 2 tahunan ini, si kecil akan mulai bisa meletakkan 2 kata secara bersama-sama, seperti “mama pergi”, “makan nasi” dan lain sebagainya. Yang jelas, frase ini adalah yang dekat dengan kehidupan anak dan digunakan sehari-hari.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading