Sukses

Parenting

Yuk Amati Perkembangan Emosi si Kecil Saat Usia 10-12 Bulan

Siapa sih ibu yang hatinya tidak berbunga-bunga melihat baby-nya tumbuh dan berkembang dengan normal seperti anak-anak yang lainnya? Setiap hari rasanya semua masalah hilang seketika saat melihatnya tersenyum dengan polosnya. Saat pulang kerja, kini ada malaikat kecil yang menantikan dan menyambut kita di rumah. Betapa lengkap dan bahagianya kita sebagai seorang perempuan ya, Ladies.

Saat usia 10 bulan ini, dia menunjukkan banyak sekali kemajuan. Namun, sudahkah Anda benar-benar paham bagaimana perkembangan emosi mereka saat usia 10 sampai dengan 12 bulan? Nah, yuk intip penjelasannya, seperti yang dilangsir oleh laman parents.com.

Bulan ke 10
Tak terasa si kecil yang kita rawat dengan penuh kasih sayang ini sudah berumur 10 bulan. Dalam usia 10 bulan ini, baby mulai menunjukkan keinginannya melalui body language-nya. Mungkin ketika dia menginginkan sesuatu, dia akan mengarahkan tangannya ke benda tersebut sambil menunjukkan ekspresi kalau dia sangat menginginkannya.

Nah, dalam usia ini juga mereka juga akan mulai memiliki self esteem atau rasa ingin dihormati. Oleh karena itulah, mereka biasanya menunjukkan ekspresi yang riang gembira ketika dipuji oleh orang-orang disekelilingnya karena wajahnya yang tampan atau cantik, atau juga karena perilaku yang baik. Dan biasanya ketika riang gembira karena pujian ini, mereka akan bertepuk tangan.

Selain itu, mereka akan mulai merasa sadar akan ketinggian. Mereka akan takut kalau berada di tempat yang terlalu tinggi. Wah, sudah perkembangan yang signifikan, bukan?
Nah, untuk menunjukkan perasaan ini pun mereka menunjukkan beberapa mood, seperti senang, sedih, marah, takut dan lain sebagainya.

Bulan ke 11
Pada bulan yang ke 11 ini, mereka akan merasa sangat senang sekali kalau Anda menuruti apa yang menjadi kemauannya. Dan sebaliknya, mereka akan sangat marah kalau Anda melarangnya melakukan sesuatu. Nah, yang susah adalah ketika mereka biasa memasukkan apapun yang ditemuinya ke dalam mulut dan kita harus melarangnya. Kita harus selalu mencegahnya, dan mungkin di saat-saat inilah mereka akan sering menunjukkan ekspresi marahnya. Bahkan, mereka akan sangat nampak tidak kooperatif saat ini. Mungkin juga mereka akan menolak apa saja yang Anda berikan. Ups, harus pintar-pintar berstrategi ya, Ladies.

Bulan ke 12
Pada bulan ke 12 ini, si kecil ini akan lebih bisa menunjukkan emosinya dengan cara yang ekstrim. Namun, di saat ini juga lah mereka bisa menjadi sosok yang sangat kooperatif, atau sangat tidak kooperatif. Wah, tantangan yang baru untuk kita sebagai ibu muda ya, Ladies.

Namun, jangan khawatir Ladies, saat ini juga lah sense of humor-nya sangat berkembang pesat. Oleh karena itulah, mereka akan sering tertawa kalau Anda mengajaknya bercanda. Menyenangkan bukan? Di saat inilah juga mereka akan lebih dekat dengan orangtuanya, atau mungkin salah satunya saja.

Semoga menambah pengetahuan kita ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading