Sukses

Parenting

Persiapan Untuk Sekolah Anak

Dunia sekolah merupakan sebuah hal yang masih tergolong baru bagi anak umur di bawah 5 tahun. Butuh waktu yang tidak sbntar Moms untuk mempersiapkannya memasuki dunia sekolah yang sama sekali berbeda dengan kehidupannya di rumah. 

Jika di rumah ia hanya akan bertemu dengan kakaknya atau hanya dengan Anda dan suami sebagai orangtuanya. Di sekolah nantinya ia akan bertemu dengan banyak sekali dan juga berbagai macam orang dan anak.

Terkadang akan sangat mengkhawatirkan sekali meninggalkan anak – anak dengan mereka yang tidak Anda kenal sebelumnya. Apalagi jika yang pergi ke sekolah adalah anak yang pertama. Rasa cemas tersebut bukan hanya akan dialami oleh anak – anak namun juga orang tua mereka.

Tapi Moms, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu si buah hati mempersiapkan masa – masa sekolahnya. Bagaimana Anda dapat membantunya? Mari simak tips di bawah ini yang dilansir dari laman www.zerotothree.org.

Salah satu cara untuk membantu anak Anda mempersiapkan dunia sekolah adalah dengan latihan sebelum sekolah. Cobalah sekali – kali Anda, suami dan anak berpura – pura untuk menjadi guru, orangtua dan anak saat di sekolah. ajarkan dia bagaimana bersalaman dan menyapa gurunya, lalu berpisah dengan Bunda atau Ayahnya, bernyanyi dan lain sebagainya.

Pastikan anak Anda memahami bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan. Hal ini nantinya akan membantu anak Anda dalam mengurangi rasa cemasnya untuk menghadapi sekolah.

Selanjutnya adalah dengan sering – sering melatihnya untuk belajar mandiri. Semisal memasukkan buku ke dalam tas, atau merapikan alat tulisnya bahkan jika memungkinkan bagaimana cara bersepatu sendiri.

Anda dapat melatih kemampuan tersebut dengan cara berpura – pura berlomba dengannya. Dengan begitu Anda akan tahu seberapa sigap dan cepatnya si buah hati melakukan hal yang telah diajarkan padanya.

Sebelum ia benar – benar masuk menjadi murid di sebuah sekolah, jangan ragu untuk mengajaknya sesekali mengunjungi tempat yang akan menjadi sekolahnya itu. Dengan memperlihatkan anak – anak lain yang sudah sekolah, mengenalkan benda – benda yang akan ia temui nantinya dan juga menunjukkan apa saja kegiatan yang dapat ia lakukan saat ia nanti bersekolah di tempat tersebut. Hal itu akan membantu anak Anda agar lebih nyaman, familiar serta percaya diri dengan tempat yang akan menjadi tempat ia belajar.

Nah Moms, cara – cara di atas merupakan sebagian kecil dari sekian banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu buah hati Anda mempersiapkan mentalnya sebelum masuk ke sekolah. Usahakan lakukan kegiatan tersebut secara intens menjelang hari – hari ia pertama masuk sekolah.

oleh : Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading