Sukses

Parenting

Tips Mudah Memandikan Bayi Untuk First Timer

Bagi ladies yang baru pertama kali memiliki momongan, memandikan bayi adalah aktivitas yang sedikit “horror”. Namun hal tersebut tidak lagi menyeramkan jika ladies mengikuti tipsnya berikut ini.

Sebelum memandikan buah hati, ladies harus memastikan bahwa anda memandikan di waktu yang tepat. Ini artinya bahwa anda memandikan si kecil setelah luka di perut akibat tali pusar benar-benar kering dan sembuh. Luka tersebut biasanya sembuh dalam waktu dua minggu pasca kelahirannya. So, hal ini berarti bahwa ladies boleh memandikan buah hati anda setelah dua minggu kelahiran buah hati anda.

Sebelum lukanya kering, anda cukup membersihkan tubuh buah hati anda dengan kain atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat saja tanpa harus memandikannya.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, saat akan memandikan buah hati, pastikan bahwa ladies sudah menyiapkan semua peralatan mandi buah hati anda, antara lain bak mandi, sabun, shampo, kain lap, dan handuk bersih. Taruhlah semua peralatan tersebut dekat dengan bak mandi si kecil agar anda tidak kesulitan mengambilnya.

Setelah semuanya siap, isi bak mandi si kecil dengan air hangat setinggi kurang lebih dua atau tiga inchi. Pastikan bahwa anda mencelupkan tangan anda ke dalam air tersebut untuk memastikan bahwa suhu airnya pas untuk si kecil.

Next, lepas pakaian buah hati anda dan masukkan mereka perlahan-lahan ke dalam bak mandi yang telah berisi air tadi. Gunakan satu tangan anda untuk menopang kepala dan leher buah hati anda. Lalu gunakan satu tangan lainnya untuk membasahi badan si kecil. Sering-seringlah menyiram badan mereka dengan air agar si kecil tidak kedinginan.

Setelah seluruh tubuhnya basah, bersihkan badan si kecil. Gosok-gosok secara perlahan semua bagian tubuhnya dengan sabun. Untuk membersihkan badan si kecil, ladies tidak perlu melakukannya terlalu lama dan gunakan sabun sedikit saja. Sedangkan untuk membersihkan wajah dan kulit kepala si kecil, gunakan kain lap yang telah dibasahi dengan air hangat.

Langkah berikutnya adalah membilas tubuh bayi dengan air hangat yang bersih. Setelah tidak ada lagi kotoran dan busa sabun yang menempel di tubuh buah hati, angkat si kecil dari bak mandi dan tutupi tubuhnya dengan handuk kering.

Setelah itu, keringkan tubuh bayi anda denagn handuk tersebut. Untuk menghindari si kecil buang air, segera pasang popok setelah ladies mengeringkan tubuh mereka.

Gampang, kan, ladies?

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading