Sukses

Parenting

Mengasuh Bayi Kembar, Ini Triknya

Punya bayi satu saja pasti sudah cukup melelahkan. Lalu, bagaimana jika bayinya ada dua alias kembar? Wah, pasti capeklah lebih menumpuk. Ketakutan akan kelelahan ini tidak akan terjadi jika ladies tahu bagaimana tips dan triknya.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda jalankan dalam mengasuh dua bayi kembar.

Pertama, buat jadwal yang sama untuk segala hal. Pastikan bahwa jadwal mandi, minum ASI, dan jadwal lainnya dibuat bersamaan sejak bayi baru lahir. Hal ini akan memudahkan anda dalam mengurus hal-hal lain. Misalnya ketika keduanya tidur, anda bisa membersihkan rumah. Jika jadwal keduanya tidak sama, anda akan terus menerus disibukkan dengan mengurus buah hati tanpa bisa melakukan hal-hal lain.

Kedua, untuk menghemat waktu, berikan ASI pada waktu yang bersamaan. Satu di dada sebelah kanan, dan satunya di sebelah kiri. Untuk membuat keduanya nyaman, tempatkan mereka dalam posisi yang nyaman. Namun jika ladies sendiri yang kurang nyaman dengan menyusui dua bayi dalam waktu bersamaan, ada baiknya jika salah satu bayi disusui dengan menggunakan botol. Tempatkan mereka di pangkuan anda.

Next, ketika masih baru lahir, anda bisa menempatkan bayi kembar anda di tempat tidur bayi yang sama. Kebanyakan, bayi kembar akan tidur dengan lebih nyenyak ketika mereka tahu jika kembarannya berada di sampingnya. Ketika buah hati anda mulai besar dan mereak tidur dengan tingkahnya masing-masing, sudah saatnya anda memisahkan tempat tidurnya.

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bedakan buah hati anda sejak dini. Memiliki dua bayi kembar membuat anda harus sesegera mungkin menemukan perbedaan mereka sehingga anda bisa “mengenali” buah hati kembar anda. Dengan mampu membedakan mereka, anda juga bisa dengan mudah membedakan tingkah laku si kecil.

Hal lain tentang bayi kembar yang perlu ladies ketahui adalah bahwa bayi kembar berpotensi untuk mengalami gangguan pernafasan. Hal ini disebabkan oleh paru-paru mereka yang belum berkembang dengan baik. So, di awal kelahirannya ladies perlu memastikan apakah bayi kembar anda kesulitan bernafas atau tidak.


Terakhir, bayi kembar akan memudahkan hidup anda. Di awal kelahirannya, mungkin kesibukan ladies akan dua kali lipat lebih berat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, keduanya tumbuh bersamaan dan otomatis memiliki teman bermain. Ketika sudah menginjak usia 3 tahun ke atas, kesibukan anda akan mulai berkurang.

Oleh :Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading