Sukses

Parenting

5 Hal Aneh yang Normal Terjadi Pada Bayi

Saat sedang hamil sampai menjelang kelahiran, Bunda pasti sudah membaca banyak buku, artikel, atau bahkan mengikuti kelas untuk persiapan menyambut kedatangan buah hati tercinta. Bunda tentu sudah mengetahui tentang persalinan, cara merawat bayi, cara mengasuh anak, dan berbagai hal lainnya.

Namun, sudahkah Anda mengetahui tentang beberapa hal aneh tapi sangat normal terjadi pada bayi? Nah, supaya Bunda tidak kaget saat sudah menghadapi si kecil nanti, berikut ini ada 5 hal aneh yang normal terjadi pada bayi seperti yang telah dirangkum dari laman thebump.com.

Cradle cap
Cradle cap atau kulit kering bersisik yang timbul pada kulit kepala bayi yang baru lahir merupakan hal yang wajar dialami oleh bayi di beberapa bulan pertama setelah ia lahir. Meski terlihat mengganggu, cradle cap bisa diatasi dengan mengoleskan baby oil pada kulit kepala bayi dan memandikan bayi secara rutin. Jika cradle cap terlihat semakin parah, Bunda bisa berkonsultasi pada dokter.

Buang air besar yang banyak
Sejak Bunda resmi menjadi orangtua, maka Anda harus siap menghadapi si kecil yang memberikan ‘ledakan buang air besar’ minimal satu atau dua kali. Selama kotoran bayi Anda berwarna kuning hingga hijau, maka si kecil masih bisa dikatakan berada dalam batas normal. Tapi, jika terdapat bercak darah pada kotoran si kecil, maka Bunda patut waspada dan harus segera menghubungi dokter.

Dada bayi yang membesar
Selama berada di dalam rahim, bayi tentu banyak terekspos oleh hormon yang dikeluarkan tubuh Bunda selama kehamilan. Maka tak heran jika bagian dada bayi akan terlihat sedikit membesar saat ia baru saja dilahirkan. Bunda tidak perlu khawatir karena hormon tersebut bisa berkurang dengan sendiri, Anda baru mulai khawatir jika timbul bercak merah di area sekitar dada si kecil.

Suara-suara aneh saat menangis
Suara tangisan bayi akan menjadi teman setia yang menemani hari-hari Anda sebagai ibu baru. Bunda akan banyak mengenal suara tangisan, rengekan, hingga rintihan dari bayi Anda termasuk pula suara yang terdengar sedikit aneh saat si kecil menangis. Suara yang aneh tersebut bisa disebabkan karena lendir yang menutupi saluran pernapasan bayi Anda, jadi Bunda perlu membersihkan lubang hidung bayi Anda.

Bersin-bersin
Sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna membuat bayi sangat rentan dengan berbagai hal yang ada di dunia barunya ini. Tak perlu langsung panik saat mendapati bayi Anda sedang bersin-bersin. Bunda baru boleh merasa cemas saat si kecil bersin dan disertai bunyi mendesah, segera bawa bayi ke dokter jika ia mengalami hal tersebut.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading