Sukses

Parenting

Cara Memandikan Bayi

Memandikan bayi dibutuhkan kehati-hatian dan kesabaran yang ekstra supaya bayi Anda dapat merasa nyaman saat tubuhnya dibersihkan. Memandikan bayi bisa dilakukan di bathup atau di bak mandi khusus bayi tergantung pada Bunda sekalian.

Lalu, bagaimana cara memandikan bayi yang aman dan mudah? Dilangsir dari laman babycenter.com, berikut ini adalah langkah-langkah memandikan bayi dengan mudah.

1. Kumpulkan semua peralatan mandi yang dibutuhkan untuk memandikan si kecil di dekat Anda. Seperti misalnya sabun mandi, shampo, handuk, popok, dan pakaian si kecil agar Bunda tidak perlu meninggalkan bayi Anda sendirian di bak mandi untuk mengambil barang-barang tersebut. Jangan lupa untuk membuat suhu kamar mandi sehangat mungkin untuk bayi.

2. Lalu, isi bak mandi dengan air hangat sedalam kurang lebih 7 cm dengan suhu sekitar 32 °C. Bunda bisa merasakannya dengan mencelupkan pergelangan tangan ke dalam air. Air untuk mandi si kecil tidak boleh terlalu panas ataupun terlalu dingin agar bayi Anda merasa nyaman saat dimandikan.

3. Selanjutnya, bawa buah hati Anda ke kamar mandi atau tempat Anda memandikan si kecil dan lepaskan semua pakaiannya. Melepas pakaian di luar kamar mandi bisa membuat bayi Anda kedinginan karena terlalu lama terekspos udara tanpa pakaian.

4. Setelah itu, masukkan bayi Anda ke dalam bak mandi secara perlahan dan gunakan satu tangan untuk menyangga leher dan kepalanya. Siram air sedikit demi sedikit dan bertahap pada tubuhnya dengan menggunakan gayung kecil agar bayi Anda tidak merasa kedinginan di dalam bak mandi.

5. Kemudian, gunakan sabun untuk membersihkan tubuhnya, tapi jangan terlalu banyak menggunakan sabun karena justru dapat membuat kulitnya menjadi kering. Bersihkan tubuhnya mulai dari atas kepala hingga ujung kaki, dari belakang ke depan. Untuk membersihkan lendir yang menempel di lubang hidung, seka dengan kain basah sebelum membersihkannya dengan air.

6. Setelah semua tubuhnya dibersihkan, basuh tubuh bayi Anda secara lembut dan perlahan dengan menggunakan air bersih. Pastikan saat membasuh mukanya Bunda berhati-hati di area mata supaya matanya tidak pedih terkena sabun atau shampo. Setelah itu, seka tubuhnya dengan menggunakan handuk kering dan bersih.

7. Selanjutnya, belitkan handuk tersebut pada tubuh si kecil dan bawa ia ke kamar untuk berganti pakaian. Apabila buah hati Anda memiliki kulit yang kering atau mengalami ruam merah akibat popok, Bunda bisa mengoleskan losion setelah mandi.

Nah, tidak sulit bukan memandikan buah hati tercinta? Semoga langkah mudah memandikan bayi di atas bisa membantu Bunda sekalian saat memandikan si kecil.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading