Sukses

Parenting

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Tisu Basah Pada Bayi

Memiliki bayi tentu membutuhkan banyak biaya karena Bunda perlu membeli banyak keperluan si kecil yang ternyata jika dihitung jumlahnya lebih banyak daripada kebutuhan orang dewasa. Salah satunya adalah tisu basah. Meski terdengar kurang penting, tisu basah ternyata juga termasuk benda yang dibutuhkan si kecil.

Tisu basah biasanya digunakan untuk membersihkan bayi sesudah ia buang air besar dan kecil atau untuk membersihkan sisa makanan yang belepotan di muka dan tangannya. Nah, ada beberapa hal tentang penggunaan tisu basah pada bayi yang perlu Bunda ketahui. Berikut ini ulasannya seperti yang dilangsir dari laman healthychildren.org.

Memilih tisu basah
Melihat banyak pilihan kemasan tisu basah tentu bisa membuat Bunda bingung untuk memilih tisu basah mana yang akan dibeli. Bunda mungkin akan memilih tisu basah dalam kemasan yang praktis untuk dibawa bepergian. Namun, ketahuilah bahwa memilih tisu basah dalam kemasan refill besar bisa menghemat pengeluaran Anda tiap bulannya.

Di samping itu, jangan lupa untuk memilih tisu basah yang bebas alkohol supaya kulit si kecil tidak mengalami iritasi. Tisu basah yang terdiri dari bahan-bahan alami dan tambahan aloe vera bisa menjadi pilihan yang baik untuk buah hati Anda. Hal yang sangat baik jika Bunda dapat memilih tisu basah dengan harga terjangkau, tapi memiliki kualitas yang bagus.

Jangan membuangnya di dalam toilet
Well, sebagian besar orang termasuk Bunda pasti sudah mengetahui dengan baik bahwa membuang tisu basah ke dalam toilet dapat menyumbat toilet Anda. Namun, ada beberapa merk tisu basah yang bisa dibuang ke dalam toilet tanpa menyumbat toilet, meski sangat sedikit sekali merk tersebut.

Maka dari itu, pastikan Bunda membaca label dengan cermat untuk menentukan apakah tisu basah tersebut aman atau tidak untuk dibuang ke dalam toilet. Jika tidak tertulis, ada baiknya Bunda tidak membuangnya ke dalam toilet supaya toilet tidak tersumbat.

Hindari menggunakan terlalu banyak tisu basah
Bunda, ketahuilah bahwa tidak setiap proses penggantian popok membutuhkan tisu basah terutama saat si kecil hanya buang air kecil saja. Hal ini dikarenakan urin tidak terlalu menyebabkan iritasi pada kulit bayi dan juga sebagian besar popok saat ini dapat menyerap urin secara efektif sehingga mengurangi kontak urin dengan kulit.

Dengan kata lain, simpan saja tisu basah untuk membersihkan kotoran bayi saat ia buang air besar. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan kain atau handuk basah untuk membersihkan si kecil terutama saat Anda sedang berada di rumah. Jadi, Anda bisa menyimpan tisu basah saat sedang bepergian.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading