Sukses

Parenting

Susahnya Mengajak Balita Tidur Siang

Tidur siang adalah salah satu kegiatan yang penting dan wajib dilakukan oleh buah hati yang berusia bayi dan balita. Mengingat dalam sehari bayi bisa tidur sampai 18 jam, maka menidurkan bayi di siang hari adalah hal yang mudah sekali. Sebaliknya, ketika anak mulai masuk ke usia balita, mengajak balita untuk tidur siang bisa jadi hal yang paling merepotkan.

Tidur siang sangat penting untuk balita. Pasalnya, setelah setengah hari beraktivitas aktif, balita butuh recharge energi mereka untuk beraktivitas hingga malam. Nah, charging energi kembali dapat dilakukan melalui tidur siang tersebut.

Namun masalahnya, menidurkan buah hati di siang hari bukanlah hal yang mudah. Keasyikan bermain dan mengeksplor banyak hal-hal baru membuat anak antusias untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Mereka mungkin merasa takut jika mereka tidur siang, maka hal-hal tersebut akan hilang.

Balita yang meolak untuk diajak ke kamar untuk tidur siang bukan menjadi excuse bagi ladies untuk tidak menidurkan anak. Apapun yang terjadi, si kecil harus tidur siang. Bila ladies mengalami kesulitan karena anak menolak tidur, berikut ini adalah beberaoa cara yang bisa anda lakukan.

Pertama, ketahui waktu terbaik anak tidur siang. Jika di waktu bayi si kecil tidur siang jam 10 dan 1, maka kini di usianya yang memasuki masa balita, jam tidur siang anak pun berubah. Seperti dikutip dari laman babycenter.com, waktu terbaik anak untuk tidur siang adalah setelah makan siang. Setelah tidur siang, lihatlah tanda-tanda mengantuk dan kelelahan yang ditunjukkan buah hati. Ketika mereka sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka segera “giring” mereka ke kamar.

Kedua, konsisten dengan waktu tidur siang. Jika ladies membiasakan buah hati untuk tidur siang setelah mereka makan siang, maka lakukan rutinitas yang sama setiap hari. Anak secara otomatis akan expect bahwa mereka tidur siang setelah makan siang. Lakukan tidur siang di tempat yang sama dengan tidur malamnya. Jangan membiarkan si kecil tidur di sofa ya, ladies.

Next, biarkan anak tertidur sendiri di malam hari. Jika di malam hari buah hati ladies bisa tertidur sendiri di malam hari tanpa anda harus meninabobokannya sebelum tidur, maka secara otomatis si kecil bisa tidur siang dengan cara yang sama. Namun jika mereka belum bisa melakukan hal tersebut, your duty to help them.

Terakhir, keep cool. Ketika anak menolak untuk tidur siang, maka jangan bereaksi dengan memarahi anak. Keep cool, ladies. Beritahu kepada anak bahwa mereka lelah dan ini adalah waktunya untuk beristirahat.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading