Sukses

Parenting

Si Kecil Berjalan Sambil Berjinjit, Normalkah?

Ketika buah hati ladies berada di fase belajar untuk berjalan, coba perhatikan bagaimana mereka berjalan. Kebanyakan anak akan berusaha berpindah tempat sambil berpegangan pada benda-benda di sekitarnya. Beberapa anak lainnya mungkin berjalan sambil berjinjit sesekali. This is very normal.

Namun, waspadai jika buah hati ladies selalu berjalan dengan berjinjit. Possibly, ada gangguan kesehatan yang menyebabkan hal tersebut. Seperti dikutip dari laman babycenter.com, beberapa tanda yang harus ladies waspadai dari cara berjalan buah hati adalah:
1. Anak berjalan sambil berjinjit sepanjang waktu
2. Cara berjalan anak terlihat awkward dan tidak bisa seimbang
3. Anak mengalami perkembangan motorik yang agak terganggu.
4. Anak terlihat tidak mampu menopang berat badannya dengan kaki flat
5. Anak kehilangan kemampuan motorik yang sudah dia kuasai sebelumnya.

Ketika buah hati ladies menunjukkan tanda-tanda kelainan motorik seperti di atas, possibly buah hati anda mengalami kelainan berupa Achilles tendon yang pendek. Kelainan ini menyebabkan buah hati tidak bisa berjalan dengan kaki flat. Selain itu, karena kelainan ini, aktivitas tumit juga menjadi lebih terbatas.

Kelainan otot yang satu ini umumnya terjadi pada anak yang lahir secara premature. Mengapa begitu? Penjelasan ilmiahnya adalah sebagai berikut: bayi yang lahir premature kebanyakan mengalami kasus pendarahan di otaknya yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertugas mengatur movement anak.

Selain Achilles tendon anak yang lebih pendek dari rata-rata, kebiasaan berjalan sambil berjinjit juga merupakan tanda kelainan berupa spastic hemiplegia. For your information, ladies, selain diasosiasikan dengan kelainan di cerebral palsy, berjalan sambil berjinjit juga sering dihubungkan dengan speech delay dan autisme. Untuk memastikan, segera konsultasikan ke dokter anak ketika ladies mendapati buah hati anda terus-terusan berjalan sambil berjinjit.

Untuk memastikan kelainan apa yang terjadi pada buah hati yang berjalan sambil berjinjit, buah hati hati anda akan diperiksa otak dan perkembangan motoriknya. Nantinya, tindakan terapi atau bahkan operasi akan diambil oleh dokter, sesuai dengan hasil pemeriksaan yang ada.

So, ladies, anak yang berjalan kaki sambil berjinjit ternyata tidak bisa disepelekan begitu saja, ya. Jika anda mendapati buah hati berjalan berjinjit, cobalah untuk mengingatkan dan mengajari mereka untuk berjalan secara normal dengan kaki flat. Jika mereka tidak bisa mengikuti instruksi anda dan mengulangi cara berjalannya yang salah, ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading