Sukses

Parenting

Ketahui Pola Tidur Bayi Anda!

Bagi ladies yang baru pertama kali memiliki buah hati, anda pasti sangat takjub melihat buah hati anda bisa tidur seharian. Dalam sehari, bayi yang baru lahir bisa tidur hingga selama 18 jam, lho! A

Ada beberapa hal tentang tidur bayi yang harus ladies ketahui. Poin pertama dan sekaligus paling penting adalah sekali tidur, bayi hanya akan tidur selama 3 sampai 4 jam saja. Itu artinya, selama sehari, buah hati bisa tidur selama 4 sampai 6 kali. Dan itu artinya juga bahwa anda harus siap untuk terbangun di malam hari saat si kecil bangun.

Hal kedua yang berkaitan dengan tidur bayi yang perlu ladies ketahui adalah bayi tidur dalam REM mode alias Rapid Eye Movement. REM ini adalah tidur “ringan” dimana bayi mudah terbangun ketika mereka merasa terganggu.

Next, seiring dengan berjalannya waktu, bayi akan tidur lebih panjang di malam hari dibandingkan di siang hari. Pada umumnya, bayi yang sudah berusia 8 minggu ke atas bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun. Mereka pun juga sudah tidak lagi dalam REM mode.

Hal lain yang berhubungan pola tidur bayi yang harus ladies pahami dengan baik adalah tanda-tanda buah hati mengantuk. Dengan mengetahui bahwa si kecil mengantuk, anda bisa segera menidurkan mereka. Seperti dikutip dari laman babycentre.co.uk, berikut ini adalah beberapa tanda yang ditunjukkan oleh bayi yang mengantuk.
1. Bayi mengucek-ucek mata mereka
2. Bayi sering menguap dan stretching
3. Bayi melihat ke satu titik dengan tatapan kosong
4. Bayi menangis dan rewel
5. Bayi menjadi lebih diam dan tidak banyak bergerak.
6. Bayi tidak tertarik dengan mainan atau orang di sekitarnya.

Ketika ladies melihat bahwa buah hati anda menunjukkan tanda-tanda mereka mengantuk, maka segera tidurkan si kecil dalam dekapan anda atau tempat tidurnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ladies akan tahu kapan waktu si kecil mengantuk dan harus tidur.

Poin lain yang juga penting sehubungan dengan pola tidur bayi adalah mengajarkan mereka tentang perbedaan siang dan malam. Di usia bayi anda yang menginjak 2 minggu, ladies bisa mengajarkan mereka membedakan siang dan malam.

Di siang hari, pastikan bahwa anda banyak bermain dengan buah hati anda. Selain itu, buka jendela kamar dan matikan lampu agar mereka bisa merasakan cerahnya sinar matahari masuk ke kamar mereka. Selain itu biarkan buah hati mendengar suara-suara berisik.

Sedangkan untuk menunjukkan bahwa hari sudah malam, cobalah untuk menutup jendela dan menyalakan lampu. Selain itu, stop bermain dan diamlah saat menyusui si kecil.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading