Sukses

Parenting

Kenali Ciri-Ciri ADHD Pada Anak!

Khususnya bagi ladies yang memiliki buah hati yang berusia di atas 4 tahun, apakah buah hati anda terlihat jauh lebih aktif dibandingkan dengan anak-anak seusianya? Dan apakah keaktifan anak tersebut diiringi dengan kesulitan fokus? 

Bergerak aktif pada anak usia balita adalah hal yang normal. Sulit fokus pada satu hal juga merupakan hal yang wajar. Namun jika keduanya tampak berlebihan, maka ladies patut untuk lebih waspada. Bisa jadi buah hati anda mnenderita ADHD alias Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, ADHD ini sulit untuk dideteksi jika anak masih berusia di bawah 4 tahun, sebab rata-rata anak di usia tersebut sedang aktif-aktifnya dan sangat enerjik. Untuk memastikan apakah buah hati ladies mengalami ADHD ataukah hanya hiperaktif biasa, berikut ini beberapa symptoms ADHD yang bisa ladies amati dari buah hati anda.

Pertama, anak lebih banyak terlihat melamun, sehingga mereka kurang fokus dengan apa yang dikatakan kepada mereka.

Kedua, ketika sedang mengerjakan sesuatu, misalnya menggambar atau mewarna, anak tidak bisa fokus pada pekerjaan tersebut dalam waktu lama. Mereka sangat mudah terdistraksi dan meninggalkan pekerjaannya begitu saja.

Symptom lain yang ditunjukkan oleh anak ADHD adalah mereka tidak mengikuti instruksi dengan benar. Mereka cenderung cuek dan membuat peraturan sendiri.

Selain tidak patuh pada peraturan, anak yang menderita ADHD juga tampak disorganized.

Selain itu, mereka juga cenderung pelupa. Akibatnya, anak dengan ADHD sering kehilangan barang-barang penting miliknya.

Tanda lain yang berhubungan dengan ketidakmampuan untuk fokus adalah anak dengan ADHD kesulitan dalam memahami informasi secara cepat dan akurat.

Sedangkan tanda-tanda yang berhubungan hiperaktifitas yang ditunjukkan oleh anak-anak penderita ADHD adalah sebagai berikut:

Pertama, anak banyak berbicara. Oke, balita banyak berbicara adalah hal yang wajar. Namun, jika mereka berbicara tiada henti, do you think it is normal?

Selain itu, mereka juga tidak bisa melakukan aktivitas dalam diam. Mereka cenderung berbuat gaduh, terutama dalam bermain.

Tanda lain yang juga obvious adalah anak sering berlarian dan bahkan memanjat meskipun dia berada di tempat yang seharusnya dia tidak melakukan hal tersebut.

Selain kemampuan fokus yang rendah dan hiperaktif, anak yang menderita ADHD juga menunjukkan tindakan impulsif yang sering. Misalnya mereka mengeluarkan komen atau jawaban sebelum pertanyaan selesai. Mereka juga cenderung tidak sabaran. Hal ini terlihat saat anak diminta menunggu atau antri.

Nah, ladies, jika buah hati anda menunjukkan banyak tanda-tanda ADHD di atas, ada baiknya jika anda segera menghubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)
Loading
Artikel Selanjutnya
Inilah Perkembangan yang Ditunjukkan Bayi Berusia 1 Sampai 3 Bulan
Artikel Selanjutnya
Kapan Memberikan Makanan Pendamping ASI Kepada Buah Hati?