Sukses

Parenting

Kapan Mengenalkan Susu Sapi Kepada Anak?

Sejak bayi lahir hingga usianya mencapai satu tahun, makanan terbaik yang bisa ladies berikan kepadanya adalah ASI alias Air Susu Ibu. Setelah bayi berusia satu tahun lebih, ada baiknya jika ladies memberikan tambahan nutrisi untuk si kecil melalui susu sapi. Hal ini penting, pasalnya, setelah anak berusia satu tahun, mereka membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi dan nutrisi tersebut tidak cukup jika hanya berasal dari ASI saja.

Sebelum menginjak usia satu tahun, sebaiknya ladies tidak coba-coba untuk memberikan susu sapi kepada buah hati. Mengapa begitu?

Alasan pertama, susu sapi mengandung protein dan mineral dengan konsentrasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan ASI. Hal ini tidak baik untuk ginjal bayi yang masih belum “matang”.

Selain itu, alasan lain yang membuat anda tidak boleh memberikan susu sapi untuk bayi berusia di bawah satu tahun adalah karena susu sapi memiliki jumlah zat besi, vitamin C, dan beberapa zat gizi lainnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi. Memberikan susu sapi pada bayi yang berusia di bawah satu tahun bisa menyebabkan terjadinya iron-deficiency anemia.

Alasan ketiga, susu sapi mengandung jenis lemak yang kurang baik untuk tumbuh dan kembang anak yang berusia di bawah satu tahun.

Setelah buah hati ladies berusia satu tahun, maka anda sudah boleh mengenalkan susu sapi kepada buah hati anda. Namun, ladies tidak bisa expect buah hati anda mau mengkonsumsi susu sapi pada first trial. Rasa susu sapi yang jauh berbeda dengan ASI mungkin terasa aneh di lidah anak dan membuat mereka engga untuk meminumnya.

Untuk mengatasi hal ini, ladies bisa mencoba untuk mengemix susu sapi dan ASI. Satu bagian susu sapi dicampur dengan dengan ASI. Lakukan mixing ini selama beberapa minggu dalam rangka pengenalan. Lama kelamaan, ubah perbandingannya hingga 100% susu sapi.

Jika buah hati anda kurang suka untuk minum susu, ladies bisa menyiasatinya dengan cara lain: cobalah untuk mencampurkan susu dalam sereal atau pudding yang biasa dimakan anak sebagai snacknya. Atau anda bisa mencoba untuk membuat sup anak dengan kuah dari bahan susu sapi.

Hal ini tentang susu sapi yang perlu ladies ketahui apakah buah hati anda mengalami alergi. Jika buah hati bisa minum susu sapi tanpa ada masalah, maka si kecil tidak memiliki alergi. Sedangkan jika mereka menunjukkan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, pilek, dan susah bernafas, maka hentikan konsumsi susu sapi dan segera konsultasikan ke dokter.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading