Sukses

Parenting

Caritahu Perkembangan Balita Usia 2 sampai 3 Tahun

Usia 2 sampai 3 tahun adalah masa di mana buah hati anda sudah menunjukkan perkembangan motorik dan bahasa yang cukup signifikan. Apa saja perkembangan motorik dan bahasa yang normalnya ditunjukkan oleh buah hati yang berusia antara 2 sampai 3 tahun?

Di bidang motorik, perkembangan yang ditunjukkan oleh balita adalah mereka sudah mampu untuk berjalan dengan baik. Cara berjalan mereka sudah semakin “normal”, tidak lagi kaku seperti robot seperti saat awal mereka belajar berjalan sendiri.

Selain itu, mereka juga makin mahir dalam naik dan turun tangga. Meskipun begitu, ladies tetap harus selalu memperhatikan buah hati anda saat mereka mulai naik turun tangga. Bersepeda roda tiga juga sudah sebaiknya anda ajarkan kepada mereka untuk semakin mempertajam perkembangan motorik anak.

Perkembangan motorik lain yang normalnya ditunjukkan oleh anak berusia antara 2 sampai 3 tahun adalah mereka bisa membuka sekaligus menutup pintu dan wadah. Mereka juga sudah bisa menyelesaikan puzzle singkat yang diberikan kepadanya.

Di saat perkembangan motorik anak menunjukkan progress yang pesat, pastikan bahwa ladies selalu mendampingi anak. Asah kemampuan motorik mereka untuk bermain games. Ada banyak games yang bisa anda dan buah hati lakukan bersama. Biarkan anak berjalan, berlari, bersepeda, dan bergerak sesuka hati mereka.

Sementara itu, perkembangan bahasa yang umumnya ditunjukkan anak yang berusia 2 sampai 3 tahun adalah mereka semakin lancar dan jelas dalam berbicara. Di masa ini, anda juga tetap harus melatih anak untuk meningkatkan vocabulary mereka. So, pastikan bahwa anda tetap membacakan buku untuk mereka. Pilihlah buku yang berisi lebih banyak kata-kata.

Perkembangan lain yang mulai ditunjukkan saat anak memasuki usia 2 sampai 3 tahun adalah anak mulai bersosialisasi dan mengembangkan empati kepada sebayanya. Oleh karena itu, pastikan bahwa ladies memberi kesempatan anak untuk bertemu dan bermain dengan anak-anak sebayanya. Biarkan mereka bermain dan mencari cara bagaimana menyelesaikan masalah yang mungkin mereka temui saat bermain dengan temannya.

Di usia 2 sampai 3 tahun ini, penting bagi ladies untuk melihat apakah buah hati anda sudah siap untuk masuk preschool. Jika basic skill anak sudah bagus, misalnya mereka sudah bisa makan sendiri, mau berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekitar, dan mengenal alfabet dan huruf, maka buah hati anda sudah bisa masuk preschool di tahun berikutnya. Namun jika belum, masih ada kesempatan untuk anda mengasah basic skill mereka agar mereka lebih siap untuk masuk preschool.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading