Sukses

Parenting

Buat Balita Tidur Cukup Dengan Cara Berikut Ini!

Di usianya yang memasuki dua sampai tiga tahun, balita anda akan memiliki lebih banyak aktivitas dan pada umumnya mereka akan menolak untuk tidur. Akibatnya, jam tidur anak cenderung kurang. Hal ini tidak bisa dibenarkan, ladies mengingat si kecil butuh waktu tidur yang cukup untuk recharge energi mereka di masa pertumbuhan.

Nah, bagaimana cara membuat si kecil mudah tidur di saat mereka sedang aktif-aktifnya mengeksplor sekitarnya?

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, cara pertama yang dapat ladies lakukan adalah membiasakan sebuah rutinitas sebelum tidur. Ketika memasuki jam tidurnya, segera ganti baju buah hati anda dengan piyama. Setelah itu bawalah si kecil ke tempat tidur dan bacakan sebuah buku cerita kepada mereka dan nyanyikan lagu nina bobo. Lakukan “ritual” sebelum tidur ini at least selama 15 menit. Lakukan rutinitas ini setiap hari dan otomatis si kecil akan mengerti ini waktu tidurnya ketika anda sudah mengganti pakaiannya dengan piyama.

Cara kedua untuk “menggiring” si kecil untuk cepat tidur adalah dengan menjadi ibu yang aktif. Jika biasanya si kecil tidur pada jam 7 malam, maka ketika waktu menunjukkan pukul 7, aktiflah untuk mengajak si kecil ke kamar. Mereka masih terlalu kecil untuk mengetahui jam tidurnya sendiri. So, be active!

Next, set temperature kamar menjadi lebih dingin. Kamar dengan suhu yang cenderung agak dingin akan memberikan sleepy atmosphere sehingga mereka lebih cepat tertidur.

Selain mengatur temperature kamar menjadi lebih dingin, ladies juga harus bisa menciptakan a good sleep environment. Ketika si kecil menjelang tidur, gantilah lampu kamar dengan lampu tidur yang lebih gelap. Selain itu, buatlah kamar balita anda jauh dari distraksi ketika dia menjelang tidur.

Tips lain yang tidak kalah pentingnya adalah membangunkan si kecil di jam yang sama setiap hari, Hal ini penting untuk dilakukan untuk mendisiplinkan waktu tidur anak. Tentunya lakukan kegiatan membangunkan anak dengan cara-cara yang lembut, misalnya membuka gorden kamar agar sinar matahari pagi masuk ke kamar anak.

Terakhir, disiplinkan jam tidur siang anak. Jam tidur siang anak yang stabil akan membuat mereka lebih mudah tertidur di malam hari. Misalnya anak terbiasa tidur siang di jam 1, maka stick to the routine. Jika ladies memundurkan jam tidur siangnya, jam tidur malamnya pun juga akan mundur secara otomatis—which is not good for your toddler.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading