Sukses

Parenting

Bayi Usia 3-6 Bulan, Berikut Ini Pola Tidurnya

Bila di awal-awal kelahirannya bayi cenderung untuk tidur selama total 18 jam dalam sehari, maka di usianya mulai menginjak 3 bulan jam tidur bayi berkurang menjadi 15 jam saja dalam sehari. 15 jam tersebut dibagi menjadi 3 kali tidur siang dan 1 kali tidur malam.

Semakin besar usia buah hati ladies, mereka mulai mampu untuk tidur malam sampai 10 jam tanpa terbangun. Hal ini umumnya terjadi ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan. So, anda sudah bisa lebih bernafas lega karena anda tak harus mengalami sleepless nights.

Ketika memasuki usia 3 sampai 6 bulan ini, ladies harus mulai mengatur jam tidur buah hati anda agar mereka terbiasa untuk tidur tepat waktu sampai mereka besar nanti.

Seperti dikutip dari laman babycentre.co.uk, waktu tidur malam terbaik untuk buah hati anda yang berusia 3 sampai 6 bulan adalah antara jam 7 sampai jam 7.30. Ladies harus stick pada rutinitas jam tidur tersebut jika anda ingin buah hati anda memiliki jam tidur yang teratur.

Begitu pula dengan jam tidur di siang hari. Set waktu tidur siang untuk buah hati anda dan ketika jam tidur siangnya sudah tiba, segera tidurkan buah hati anda. Jika ladies masih kesulitan untuk menentukan waktu tidur siang buah hati anda, cobalah untuk melihat tanda-tanda yang ditunjukkan si kecil. Jika mereka mulai menguap dan rewel, maka itu tandanya waktu tidurnya sudah tiba.

Setelah ladies tahu pola tidur buah hati anda dan jam-jam mengantuk mereka, maka ladies harus segera mulai untuk menyiapkan rutinitas sebelum tidur. Rutinitas ini penting untuk dimulai sedini mungkin agar anak lebih cepat terlelap.

Beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa anda terapkan kepada si kecil adalah sebagai berikut:

Pertama, mandikan buah hati. Mandi membuat si kecil lebih segar sehingga lebih bagi mereka untuk tidur setelahnya.

Setelah mandi, ganti baju buah hati anda dengan piyama. Mereka lama kelamaan akan notice bahwa piyama adalah baju yang dipakai sebelum tidur sehingga ketika anda mengganti baju si kecil dengan piyama, mereka akan tahu bahwa ini adalah waktunya tidur.

Rutinitas lain yang juga bisa anda lakukan sebelum tidur adalah memijat buah hati anda. Pijatan-pijatan yang anda berikan kepada si kecil dapat membuat badan mereka lebih nyaman dan mudah tertidur.

Terakhir, cobalah untuk menyanyikan beberapa lagu ninabobo sambil mengusap-usap kepala buah hati anda. Dijamin, dalam waktu singkat si kecil akan terlelap dalam tidurnya.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading