Sukses

Parenting

Awas Balita Berjalan Saat Tidur

Saat tengah terlelap tidur, buah hati ladies yang berusia balita tiba-tiba beranjak dari tempat tidur dan dia berjalan sambil tidak sadarkan diri, apa yang akan anda lakukan?

Berjalan saat tidur atau istilah kerennya sleep walking bisa dialami oleh semua balita, termasuk buah hati ladies. Sleep walking ini bukanlah bentuk kelainan, it is perfectly normal to happen to any children.

Seperti dikutip dari laman babycenter.com, sleepwalking biasanya terjadi antara satu atau dua jam setelah anak tertidur lelap. Selain itu, kegiatan berjalan ketika tidur ini bisa terjadi ketika anak tengah berada di part paling dalam dari nondreaming atau non rapid eye movement sleep.

Penyebab sleepwalking sendiri tidak banyak diketahui. Namun, ada beberapa kondisi di mana si kecil bisa mengalami sleepwalking: anak tidur di tempat yang masih asing, anak kurang tidur, dan anak sedang menderita demam tinggi.

Pada beberapa kasus, sleepwalking dibarengi dengan si kecil yang mengucapkan satu atau dua patah kata yang cenderung tidak nyambung dan bahkan mata mereka terbuka lebar. Kebanyakan, buah hati hati yang mengalami sleepwalking akan end up tidur di kamar lain atau bahkan kamar mandi.

Ketika buah hati ladies tengah mengalami sleepwalking, cobalah untuk tidak langsung bereaksi secara berlebihan. Anda tidak sebaiknya membangunkan buah hati anda ketika anak berjalan di saat tidur. Sebaliknya, cobalah untuk mengarahkan mereka kembali ke tempat tidurnya.

Selain itu, cobalah untuk “berkomunikasi” dengan buah hati anda dengan harapan anda bisa mengarahkan mereka untuk tidak berjalan terlalu jauh.

Hal lain yang juga perlu dihighlight sehubungan dengan sleepwalking adalah watch out their movement. Pastikan bahwa mereka berjalan dengan aman; tidak menginjak mainan, tidak turun tangga, atau keluar rumah. So, pastikan bahwa semua pintu dan jendela terkunci rapat agar anak tidak sampai keluar rumah.

Selain itu, ladies tidak perlu mengganggap kejadian sleepwalking yang dialami anak sebagai hal yang patut dibesar-besarkan. Sebagian besar anak yang berjalan di saat tidur tidak ingat kejadian tersebut keesokan paginya. So, ladies tidak perlu membicarakan hal tersebut. Apalagi jika ladies menceritakan hal tersebut kepada buah hati anda dengan ekspresi yang serius, anak akan mengalami untuk tidur.

Namun jika buah hati anda sering mengalami sleepwalking, ada baiknya jika anda mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter anak. Bisa jadi anak mengalami gangguan tidur yang cukup serius.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading