Sukses

Parenting

Ajarkan Healthy Eating Habit Sejak Dini

Membiasakan buah hati untuk memiliki kebiasaan makan makanan yang sehat harus dimulai sejak dini. Sejak buah hati sudah diperbolehkan untuk makan makanan pendamping ASI, sejak saat itulah anda harus mulai mengenalkan mereka pada healthy eating habit. Dengan begitu, saat tumbuh besar, si kecil akan terbiasa untuk makan makanan yang sehat dan tidak pilih-pilih.

Berikut ini beberapa caranya mengajarkan anak untuk memiliki healthy eating habit yang dikutip dari situs whattoexpect.com.

Pertama, masaklah menu-menu dan snack yang sehat. Karena si kecil masih kecil dan belum mengerti tentang menu makanan, maka mudah bagi ladies untuk memutuskan menu makanan untuk buah hati anda. Nah, ini adalah kesempatan baik untuk mengajarkan anak tentang healthy food. Buatkan menu makanan yang sehat dan bernutrisi untuk buah hati anda dan batasi konsumsi lemak, gula, kolesterolm dan sodium anak. Sebaliknya, perbanyak sayuran, ikan, daging, buah, gandum, dan sereal.

Kedua, ajarkan anak untuk mengenali kapan mereka lapar dan kenyang. Jangan memaksa buah hati untuk menghabiskan menu yang ada di depannya. Jika mereka tidak mau, itu tandanya mereka masih kenyang. So, biarkan saja. Sedangkan jika buah hati selalu tidak menghabiskan makanannya, jangan pula memaksa mereka untuk membersihkan piringnya. Bisa jadi anda memberikan makanan dalam jumlah yang terlalu banyak. Kurangi porsinya dan biarkan mereka meminta lagi kepada anda.

Jika ladies ingin buah hati anda memiliki good eating habit, maka anda juga harus memilikinya. Orangtua adalah role model yang paling signifikan bagi anak. Oleh karena itu, biasakan diri anda untuk makan sayur, buah, daging, ikan, dan berbagai jenis bahan makanan yang menyehatkan. Dengan begitu, anak akan mengikuti apa yang anda lakukan. Pastikan pula untuk memberitahu anak tentang kebaikan healthy eating habit.

Membangun healthy eating habit juga dapat dilakukan dengan cara mengenalkan buah hati dengan makanan-makanan baru. Setiap hari, usahakan untuk mengenalkan menu baru kepada si kecil. Jika pada first attempt ladies gagal untuk membuat si kecil membuka mulutnya, maka jangan menyerah. Cobalah lagi di keesokan harinya. Try, try, and try!

Tips lain dalam mengenalkan healthy eating habit kepada anak adalah membiasakan mereka untuk makan bersama keluarga. Fokuskan si kecil untuk makan bersama dan matikan televisi maupun gadget. Waktu makan bersama adalah saat yang pas untuk mengenalkan sekaligus memberi contoh yang baik tentang bagaimana healthy eating habit.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading