Sukses

Parenting

Tips Mudah Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Bayi yang baru lahir memiliki 100 milyar neuron pada otaknya dan pada tahun pertamanya neuron-neuron tersebut akan mulai aktif dan terhubung satu sama lain. Supaya neuron tersebut dapat aktif dan bayi Anda tumbuh dengan otak yang cerdas, Bunda perlu terus mengasahnya. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengasah kecerdasan otak bayi menurut laman scholastic.com.

Buat waktu tidur dan makan menyenangkan
Jika bayi sering menangis atau rewel saat makan atau tidur, maka hal tersebut dapat menumbuhkan pola negatif pada perkembangan otak bayi Anda. Maka dari itu, sebisa mungkin buatlah waktu tidur dan makan menjadi menyenangkan dan bebas dari pertengkaran. Bunda bisa mendongeng sebelum tidur atau bermain sambil makan.

Berikan respon yang baik terhadap perilaku bayi
Otak bayi yang masih muda dan berkembang akan belajar untuk mengenal dunia dengan lebih baik dengan memelajari respon yang Anda berikan terhadap perilaku mereka. Maka dari itu, berikan respon yang konsisten, dapat diprediksi, menentramkan hati, dan dilakukan dengan cara yang baik dan tepat.

Bangun ikatan di antara Anda dan bayi saat mengganti popoknya
Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang sering disentuh oleh orang tuanya memiliki ukuran otak yang lebih besar daripada bayi yang jarang mendapatkan sentuhan dari orang tuanya. Oleh sebab itu, manfaatkan saat mengganti popok bayi dengan menyentuh tubuh bayi mungil Anda sambil mengajaknya untuk berbicara.

Bangun kepercayaan dengan bayi Anda
Bayi yang dekat secara emosi dengan orang tuanya akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengeksplor dunia ini dengan terus belajar hal-hal yang baru baginya. Nah, sangat penting bagi Bunda untuk membangun kepercayaan dengan bayi Anda dengan cara memberikan perhatian dan fokus hidup yang cukup untuk buah hati Anda.

Memijat tubuh bayi Anda
Pijatan yang lembut pada tubuh bayi dapat mengurangi tingkat stres dan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan emosional pada bayi. Jangan ragu untuk memijat kaki-kaki mungilnya saat ia akan tidur atau memijat tubuhnya yang lelah saat mandi. Bahkan bayi prematur yang dipijat sehari tiga kali akan segera siap meninggalkan rumah sakit.

Membangun lingkungan yang aman
Bunda, pastikan kondisi rumah Anda aman bagi bayi Anda untuk bermain di dalamnya. Buatlah benda-benda di dalam rumah ramah terhadap bayi sehingga ia merasa aman untuk berkeliling di dalamnya. Dengan demikian, bayi Anda akan belajar untuk mengeksplor dan mengenal lingkungan tempat ia tinggal dengan aman dan nyaman.

Menyanyi
Menyanyi lagu anak-anak atau nina bobo pada bayi sangat baik untuk mengembangkan kemampuan bahasanya. Jadi, jangan ragu untuk menyanyikan lagu untuk buah hati Anda.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading