Sukses

Parenting

Tips Melatih Bayi Tidur

Terbangun tengah malam karena suara tangisan bayi merupakan rutinitas yang harus dihadapi oleh para orangtua yang baru memiliki bayi. Tak jarang Anda merasa lelah untuk bangun dan memeriksa apakah si kecil baik-baik saja atau membutuhkan beberapa hal lain.

Untuk mengurangi frekuensi terbangun tengah malam, Bunda bisa mulai melatih bayi untuk tidur dengan jadwal yang teratur dan tidak terus-menerus memeriksanya setiap saat. Dilangsir dari situs parents.com, berikut ini ada beberapa tips untuk melatih bayi tidur yang bisa Bunda coba di rumah.

Kosongkan jadwal
Waktu yang tepat untuk melatih bayi tidur adalah saat Bunda dan suami tidak memiliki jadwal yang padat dan sedang berada pada rutinitas harian seperti biasa. Pilihlah hari di mana sedang tidak terjadi penumpukan pekerjaan di kantor agar suara tangisan bayi di malam hari tidak mengganggu tidur nyenyak Anda.

Mulai di hari Jumat
Akhir pekan merupakan waktu yang paling tepat untuk melatih bayi tidur karena Anda masih memiliki beberapa hari untuk bisa beristirahat sebelum kembali pada rutinitas di hari Senin. Maka dari itu, mulailah untuk melatih si kecil tidur pada hari Jumat. Pada hari Senin bayi telah berada di kondisi yang lebih baik dan Anda pun mendapatkan tidur yang cukup pula.

Bersiaplah untuk mendengar banyak tangisan
Jadwal tidur yang berubah tentu bisa membuat bayi merasa frustasi sehingga Bunda akan lebih banyak mendengar tangisan daripada biasanya. Namun, hal tersebut bukan berarti bayi Anda sedang menderita, ia hanya menyadari ada perubahan dalam rutinitasnya sehingga ia perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Jadi, bersiaplah untuk mendengar bayi Anda menjadi lebih sering menangis.

Tidak perlu terburu-buru menggendongnya
Saat bayi menangis pertama kali di malam hari, ia mungkin hanya sedang mengigau dalam tidur. Bunda cukup hanya melihat apa yang sedang ia lakukan dan tidak perlu terburu-buru untuk menggendong atau menenangkannya. Bunda baru perlu mengambil tindakan saat tangisan bayi terdengar lebih keras dan ia terlihat tidak nyaman.

Kurangi waktu mengecek bayi
Saat bayi berusia 4 bulan, Bunda bisa mulai memeriksa bayi setelah sekitar 7 menit dari waktu ia menangis. Namun, jangan langsung menggendongnya, Anda hanya perlu mengusap punggungnya dan ia pun akan langsung terlelap tidur lagi. Secara bertahap tambah waktu memeriksa bayi hingga 15 menit setelah ia menangis dan lama-kelamaan bayi akan belajar untuk tidur dengan mandiri.

Percaya diri
Hari-hari pertama melatih bayi untuk tidur memang tidak mudah, tapi Bunda tidak perlu putus asa dan harus tetap semangat. Ajak suami untuk membantu melatih si kecil tidur dan minta dukungannya agar program tersebut berhasil.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading