Sukses

Parenting

Mengenalkan Susu Formula Kepada Bayi, Bagaimana Caranya?

Dari hari ke hari, berat badan bayi menurun. Padahal ladies merasa bahwa anda telah memberikan ASI dengan baik untuk mereka. What’s wrong? Ini tandanya bahwa ASI yang anda berikan tidak mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati anda.

Hal ini berarti bahwa ladies harus memberikan susu formula sebagai pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil. Nah, untuk memberikan tambahan susu formula ini tidak mudah, lho, ladies sebab tidak semua bayi mau minum susu formula sebagai tambahan ASI.

Nah, bagaimana caranya untuk mengenalkan susus formula pada bayi, khususnya untuk bayi yang terbiasa minum ASI? Seperti dikutip dari laman babycenter.com, ladies bisa mengenalkannya dnegan cara menyuruh orang lain (misalnya suami anda) untuk memberikan susu formula di dalam botol.

Mengapa bukan anda sendiri? Jika ladies sendiri yang memberikan susu formula dalam botol untuk buah hati, resiko anda “ditolak” akan lebih besar dibandingkan jika orang lain yang memberikan. Pasalnya, si kecil bisa mengenali anda dari aroma tubuh dan mereka akan expect ASI dari anda.

Jika buah hati ladies terbiasa untuk minum ASI dari botol, maka akan lebih mudah untuk mengenalkan mereka pada susu formula. Begitu pula jika ladies memberikannya saat si kecil sedang lapar, bayi akan langsung menerima susu formula yang anda berikan.

The key is, do not give up. Jika si kecil menolak susu formula yang anda berikan di first trial, maka cobalah lagi di lain waktu. Dengan beberapa kali percobaan, si kecil akan mau mencoba susu formula yang anda tawarkan kepada mereka.

Hal lain berkenaan dengan tambahan susu formula yang perlu ladies ketahui adalah jangan mencampur susu formula dan ASI untuk diberikan kepada si kecil. Cara yang paling tepat adalah berikan ASI terlebih dahulu kepada buah hati. Jika terlihat bahwa si kecil masih lapar setelah disusui ASI, maka berikan tambahan susu formula di dalam botol.

Ladies perlu notice juga bahwa ketika si kecil sudah mengenal susu formula, maka mereka akan mulai menolak ASI yang anda berikan. Susu formula lebih cepat dikonsumsi dibandingkan dengan ASI. So, bayi anda yang cenderung tidak sabar akan lebih memilih susu formula.

Selain itu, bayi yang minum susu formula akan cenderung untuk tidak mudah lapar. Hal ini disebabkan oleh susu formula yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh.

Oleh : Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading