Sukses

Parenting

Tanpa Membentak, Begini Cara Agar Anak Menuruti Orangtua

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua memiliki cara mendidik anak sendiri-sendiri. Nah, orangtua wajib tahu jika cara berkomunikasi dengan anak mempengaruhi cara anak mendengar dan menuruti kata-kata kita. Agar anak menurut, sebaiknya orangtua menghindari cara yang menggunakan bentakan atau nada suara yang meninggi. Meski susah tapi kita perlu tetap mengendalikan diri saat berkomunikasi dengan anak.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba orangtua agar anak bisa menurut dan orangtua tak perlu membentak atau mengeluarkan suara bernada tinggi:

  • Panggil nama anak dengan nada yang positif. Untuk mendapatkan perhatian anak, sebutkan dan panggil namanya dengan nada positif dan biasa. Bakal butuh waktu beberapa saat sampai kita bisa mendapat perhatian anak sepenuhnya. Diperlukan kesabaran, namun jika sudah mendapat perhatian anak, maka akan lebih mudah membuatnya menuruti kemauan kita.
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan kata jangan, nggak boleh, dan sejenisnya. Pakai bahasa yang positif. Misalnya, "Tolong bawa piring-piring kotor ini ke bak cucian, ya. Terima kasih."
  • Lakukan kontak mata dengan anak untuk memastikan dia mendengarkan dan menaruh perhatian pada orangtua.
  • Jelaskan pada anak soal apa yang harus mereka lakukan, apa alasan mereka, dan bagaimana mereka bisa menyelesaikannya.
  • Orangtua wajib lebih peka dan hati-hati. Apakah anak sedang lelah, marah, kecewa, cemas, atau mengkhawatirkan sesuatu, perhatikan raut wajahnya. Sebisa mungkin jangan menghakimi anak.

Kesabaran memang sangat dituntut dalam mengasuh anak, namun dengan pola didik yang benar, anak akan lebih menjadi pribadi yang berbudi baik dan menurut pada orangtua. Semangat ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading