Sukses

Parenting

Usia Berapa Bayi Boleh Mulai Mengonsumsi Air Putih?

Fimela.com, Jakarta Air putih merupakan asupan cairan paling sehat untuk semua orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun, apakah bayi juga sudah boleh minum air putih di usianya yang masih sangat belia? Pada usia berapa bayi bisa mulai diperkenalkan dengan air putih dan mengonsumsinya?

Melansir dari laman alodokter.com, mengenalkan air putih pada bayi sebaiknya dilakukan ketika si bayi sudah cukup usia. Pada bayi yang masih mengonsumsi ASI ekslusif, ia tidak perlu diberi air putih dulu. ASI saja sudah mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya.

Baru, ketika si kecil sudah mengonsumsi MPASI atau Makanan Pendamping ASI, ia mulai bisa dikenalkan dengan air putih dan mengonsumsinya. Bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, ia sudah bisa diberi air putih. Tapi perlu diingat, pemberian air putih ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena bisa membuat perut bayi kembung dan masalah lain yang lebih berbahaya.

Setalah bayi menginjak usia 1 tahun, ibu bisa memberikan air putih sesuai keinginan anak. Apalagi jika anak sudah aktif mengonsumsi makanan dengan tekstur padat seperti nasi, buah dan sayur.

Intinya, bayi yang sudah diperkenalkan dengan MPASI atau berusia 6 bulan ke atas, ia sudahbisa diperkenalkan dengan air putih. Sedangkan bayi eksklusif yang hanya mengonsumsi ASI tidak perlu diberi atau mengonsumsi air putih dulu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading