Sukses

Parenting

Cara Menidurkan Bayi Tanpa Menangis di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Dibanding orang dewasa, bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang atau lama. Baik di siang hari atau pun malam hari, bayi sering sekali menghabiskan waktunya untuk tidur. Tapi, tidak sedikit bayi yang karena terlalu lama tidur siang saat tengah malam ia terbangun hingga rewel.

Melansir dari laman babycenter.com, bayi terbangun saat malam adalah hal yang wajar terjadi. Namun usahakan agar hal ini tidak menjadi kebiasaan bayi. Terbiasa terbangun tengah malam sementara orangtuanya membiarkan bayi bermain, ini akan membuat bayi terus terbangun di tengah malam keesokan harinya.

Agar bayi segera tertidur kembali saat terbangun di tengah malam tanpa membuat bayi menangis sebenarnya ini cukup mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menidurkan bayi adalah dengan metode no tears method. Metode ini adalah menjalin kedekatan fisik yang lebih baik dengan bayi semisal dengan memeluknya atau menggendongnya dan memberikan apa yang dibutuhkannya.

Selama menidurkan bayi usahakan untuk menjaga ketenangan sekitar. Usahakan juga untuk membuat kamar tidur bayi terasa senyaman mungkin. Saat memeluk atau menggendong bayi, nyanyikan juga lagu pengantar tidur untuk bayi. Adanya lagu pengantar tidur dan sentuhan kasih sayang lembut untuknya, ini akan membuat bayi merasa lebih terjaga, nyaman dan aman.

Saat menidurkan bayi di malam hari terutama ketika bayi terbangun, hindari menidurkan bayi dengan cara membiarkannya menangis sampai tertidur atau yang disebut dengan cry it out. Cara ini justru bisa berpengaruh buruk pada psikologis anak saat dewasa kelak. Membiarkan bayi menangis hingga tertidur karena lelah, ini juga bisa berpengaruh buruk terhadap fisiknya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading